telset

Telkomsel Uji Jaringan 4G di Tol Layang Japek, Hasilnya?

Telset.id, Karawang – Telkomsel menggelar uji kualitas jaringan 4G di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) pada Jumat (20/12/2019). Lantas, bagaimana kualitas jaringan internet Telkomsel di jalan tol layang terpanjang di Indonesia tersebut?

Pengujian dilakukan di Jalan Tol Layang Japek Km 10 sampai KM 57. Cara pengujiannya adalah dengan menguji kualitas kecepatan internet ketika mengunduh, mengunggah dan melakukan streaming video di smartphone dan laptop. Hasilnya pun memuaskan.

Menurut VP Network Operation Quality Management Telkomsel Jabotabek Jabar Awal R.  Chalik bahwa untuk kecepatan pengunduhan, jaringan 4G Telkomsel mampu memberikan kecepatan 51,2 Mbps.

{Baca juga: Trafik Data Telkomsel Diperdiksi Naik 51% Saat Nataru}

Dengan kecepatan tersebut, terang Awal, para pengguna tetap dapat menggunakan internet dengan maksimal ketika berada di Tol Layang Japek.

“Berdasarkan speed test, kita mencatat kecepatan internet ketika mengunduh mencapai 51,2 Mbps,” ujar Awal di Karawang, Jumat (20/12/2019).

Sedangkan kecepatan jaringan ketika melakukan pengunggahan juga memuaskan. Awal mengatakan bahwa kecepatan pengunduhan Telkomsel di Jalan Tol Layang Japek mencapai 17,6 Mbps.

Telkomsel juga melakukan pengujian kualitas jaringan dengan melakukan streaming video di YouTube dan video pun tidak buffering ketika diputar. Pengujian dilakukan dengan aplikasi bernama Nemo.

“Kecepatannya bisa mencapai 17,6 Mbps untuk kecepatan pengunggahannya,” tutur Awal.

Dalam kesempatan itu, Tim Telset.id juga melakukan pengujian sendiri untuk mengukur kecepatan jaringan lewat aplikasi OpenSignal. Pengujian ini juga untuk mengetahui kemampuan jaringan dengan aspek Kecepatan Pengunduhan, Kecepatan Pengunggahan, serta Kecepatan Internet ketika melakukan Streaming Video.

{Baca juga: Telkomsel jadi Operator Seluler Terbaik versi OpenSignal}

Hasilnya untuk kecepatan Pengunduhan dan Kecepatan Pengunggahan Telkomsel yaitu 5,71 Mbps dan 4,19 Mbps dengan latensi 40 milisecond (ms).

Jaringan Telkomsel Tol Layang Japek
Hasil Uji Kualitas Jaringan 4G Telkomsel lewat OpenSignal (Naufal/Telset.id)

Awal pun menjelaskan jika pihaknya hingga saat ini tetap memantau kualitas  jaringan di Jalan Tol Layang Japek, sehingga pengguna bisa tetap menikmati jaringan Telkomsel dengan maksimal.

“Kita ada monitoring secara real time (kualitas jaringannya). Sebelum pelanggan complain, apakah kapasitasnya atau kualitasnya menurun karena BTS mati atau ada congest hingga gangguan, kita antisipasi sejak awal,” tutupnya. [NM/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0