telset

Telkomsel Tunggu Regulasi 5G dari Pemerintah

Telset.id, Jakarta – Operator di Indonesia sepertinya masih harus menunggu waktu yang tepat, sebelum bisa benar-benar meresmikan jaringan 5G. Telkomsel misalnya, mengaku masih harus menungu regulasi 5G dari pemerintah, sehingga belum bisa memastikan kapan 5G Telkomsel akan digelar.

Menurut General Manager Network Strategic Roadmap Telkomsel, Christian Guna Gustiana, pihaknya masih memantau perkembangan regulasi 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

{Baca juga: Telkomsel Bawa Indonesia Masuki Era Industri 4.0}

“Kita pantau perkembangannya seperti apa, untuk launching itu seperti apa. Masih nunggu regulasi 5G dari pemerintah dan ekosistemnya seperti apa,” ujarnya di Telkomsel Smart Office, Jakarta Rabu (18/12/2019).

Menurut Christian, saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sepertinya sedang melakukan kajian terkait peraturan jaringan 5G, serta model bisnis yang tepat untuk jaringan 5G di Indonesia. Termasuk juga mengenai di frekuensi berapa jaringan ini akan ditempatkan nantinya.

“Dari teman-teman Kominfo ini kelihatannya jadi bahan kajian mereka. Termasuk bisnis modelnya,” tambahnya.

Christian menilai, secara teknis menghadirkan jaringan 5G tidak membutuhkan waktu yang lama. Perangkat Telkomsel seperti Base Transceiver Station (BTS) sudah siap sehingga tinggal menunggu kapan pemerintah membuat regulasi terkait itu.

“Dari sisi teknis sebetulnya dalam hitungan jam bisa diaktifkan. Perangkat kita secara hardware siap, tinggal konfigurasinya saja. Pendukung bisnisnya banyak, mungkin itu yang harus dipikirkan. Live jaringan ini hanya hitungan jam,” tuturnya.

Telkomsel sendiri memang terus melakukan uji coba 5G di Indonesia. Terakhir, operator pelat merah ini berhasil melakukan uji coba 5G untuk sektor industri. Uji coba tersebut dilakukan dalam acara “Telkomsel 5G for Industry 4.0” di Kantor Telkomsel Smart Office Batam pada Kamis (28/11/2019).

Uji coba jaringan 5G untuk segmen industri ini juga merupakan upaya Telkomsel dalam mengakselerasikan kesiapan ekosistem sehingga dapat mengadopsi teknologi 5G. [NM/IF]

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0