telset

Telkomsel Targetkan Layanan Data Tumbuh 19% di 2011

Jakarta – Operator telekomunikasi Telkomsel akan lebih fokus menggarap layanan data, dan menargetkan pertumbuhan layanan data di tahun 2011 bisa mencapai 19 persen.

Pertumbuhan layanan data Telkomsel dalam dua tahun terakhir terus mengalami peningkatan yang signifikan. Oleh sebab itu, kami optimis tahun 2011 bisa tumbuh hingga 19 persen, kata Direktur Utama Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno di sela acara HUT Telkomsel Ke-16 di Wisma Mulia, Jakarta, Kamis (26/5).

Sarwoto mengungkapkan, tahun 2009 kontribusi layanan data baru sekitar 7 persen. Dan di tahun 2010 mengalami lonjakan hingga 80 persen. Berarti ada pertumbuhan hingga mencapai 12 persen, jelasnya.

Dikatakan, pihaknya optimis target 19 persen di tahun 2011 itu bisa dicapai, bahkan kemungkinan bisa terlampau karena sampai dengan semester pertama 2011 ini saja, target telah tercapai sekitar 14 persen.

Kami sepertinya harus merevisi target pertumbuhan layanan non voice, kalau melihat pencapaian di semester pertama yang telah tercapai sekitar 14 persen, ujar dia.

Menurutnya, peningkatan layanan data yang saat ini terjadi di Indonesia, akan membuat layanan voice dan SMS tak lagi menjadi mainstream. Kedepan, operator akan lebih fokus pada layanan berbasis data.

Kita telah masuk di era layanan data, maka nantinya keberhasilan operator akan diukur dari keberhasilan mereka meraup revenue dari layanan non voice atau SMS, ucap sarwoto.

Ia mengakui, memang untuk saat ini voice dan SMS masih menjadi penyumbang revenue terbesar. Namun ke depan, kontribusi voice dan SMS akan mengalami penurunan.

Ke depan layanan voice dan SMS bukan lagi layanan utama atau mainstream, melainkan telah menjadi semacam fitur by product saja. Dan  semua layanan akan bergerak pada layanan berbasis data, jelasnya. [hbs]{jcomments on}

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0