Telkomsel Tap-Izy Terapkan Teknologi RFID di Ponsel

Jakarta – Berharap dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang mulai beralih kepada metode pembayaran cashless, Telkomsel meluncurkan layanan yang mereka beri nama Tap-Izy. Layanan ini merupakan inovasi pembayaran contactless melalui ponsel dengan menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identification) pertama di Indonesia.

Dengan layanan yang diklaim sebagai yang pertama dan satu-satunya di Indonesia ini, pelanggan Telkomsel bisa melakukan pembayaran produk dan jasa dengan uang elektronik secara cepat dan mudah hanya dengan mendekatkan ponselnya ke mesin Tap-Izy.

Saat ini kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi pembayaran secara cepat dan praktis semakin tinggi. Layanan Tap-Izy merupakan solusi untuk menikmati cara membayar baru yang lebih cepat dan lebih mudah, ujar Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno saat acara peluncuran Tap-Izy di Jakarta, Rabu (6/7).

Sementara itu, Vice President T-cash Management Telkomsel, Bambang Supriyogo menambahkan, transaksi cashless saat ini semakin dilirik karena dianggap memberikan benefit dari sisi kemudahan, kecepatan, dan keamanan.

Kami telah bekerjasama dengan 8 merchant rekanan. Namun ke depannya kami akan menambah hingga 500 gerai Tap-Izy di wilayah Jabotabek, jelas Bambang. Untuk satu tahun pertama, kami targetkan bisa menarik sekitar 400 ribu pelanggan, tambahnya.

Tap-Izy merupakan inovasi produk SIM card yang telah dilengkapi dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Chip yang tertanam di SIM card memungkinkan pelanggan melakukan transaksi pembayaran dengan menyentuhkan ponsel ke alat pembaca (reader) yang terdapat pada mesin electronic data capture (EDC) Tap-Izy di kasir.

Layanan Tap-Izy yang didukung teknologi RFID ini sendiri merupakan pengembangan dari layanan mobile wallet T-Cash yang memanfaatkan SMS sebagai basis layanan.

“Saldo dana yang tersimpan di kartu GSM berbeda dengan pulsa yang tersedia untuk berkomunikasi. Jadi pembayaran dengan Tap-Izy tidak memotong pulsa seluler di kartu SIM penggunanya,” terang Bambang.

Untuk dapat menikmati fasilitas Tap-Izy, pelanggan kartu Halo dan Simpati harus terlebih dahulu mengganti SIM card-nya dengan SIM card Tap-Izy di Grapari. Atau bisa juga masyarakat membeli kartu perdananya di gerai Indomaret dan 7-Eleven yang bertanda Tap-Izy.

Transaksi pembayaran menggunakan Tap-Izy saat ini dapat dilakukan di gerai Indomaret, Starmart, Solaria, dan Disc Tarra. Dalam waktu dekat, gerai 7-Eleven dan Circle K juga akan menyediakan layanan pembayaran menggunakan Tap-Izy. [hbs]

{jcomments on}

Previous articleReview K-Touch A 2619
Next articleMito 611, Ponsel 3 Kamera dan Voice SMS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here