telset

Telkomsel Tambah Kapasitas Server Hingga 4 Pentabyte

Jakarta – Sebagai langkah antisipasi peningkatan kebutuhan pelanggannya yang kini tercatat 100 juta pelanggan, Telkomsel akan meningkatkan kapasitas server storage hingga 4 Pentabyte.

Server storage berkapasitas besar yang dipersiapkan Telkomsel tersebut, merupakan langkah antisipasi meningkatnya kebutuhan pelanggan yang disebabkan bertambahnya jumlah pelanggan Telkomsel.

Saat ini kami sudah tidak lagi menghitung dalam satuan terrabyte, tetapi sudah dalam satuan pentabyte, kata Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno kepada wartawan di acara HUT Telkomsel ke-16 di Wisma Mulia, Jakarta, Kamis (26/5).

Sarwoto menyebutkan, dengan memiliki server sebesar itu, Telkomsel saat ini tercatat sebagai operator yang memiliki server storage terbesar di Indonesia. Bahkan kapasitas yang kami miliki, lebih besar dari storage yang dimiliki perbankan, ujar Sarwoto.

Namun ia belum dapat memastikan berapa bandwith yang dibutuhkan pelanggan Telkomsel saat ini. Sekadar ilustrasi, untuk pelanggan layanan Blackberry membutuhkan bandwith sekitar 150 MB per user per hari.

Menurut Sarwoto, Telkomsel saat ini tidak saja melakukan peningkatan dari sisi kapasitas dan kualitas jaringan, tapi juga meningkatkan kemampuan dan kinerja support system, terutama billing systems, data base dan CRM.

Kita harus melakukan penguatan, karena kita sudah memasuki era beyond telecommunication, jelasnya. Karena dalam era tersebut, lanjut Sarwoto, voice dan SMS bukan lagi layanan utama atau mainstream, melainkan telah menjadi semacam fitur by product saja.

Sebab di era Beyond Telecommunication semua layanan yang ada akan bergerak pada layanan berbasis data,” tutur Sarwoto menjelaskan. Makanya jangan heran sekarang voice dan SMS seperti dibuang-buang, tambahnya.

Ia memberi contoh, sekarang dengan membayar Rp 2.000 dapat telepon gratis hingga 300 menit. Atau dengan menggunakan delapan SMS, pelanggan sekarang bisa mendapat bonus 2.000 SMS, ucap Sarwoto. [hbs]{jcomments on}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0