Telkomsel Sediakan ‘SME Corner’ untuk UKM

Telset.id – Telkomsel terus meningkatkan layanan untuk mendukung produktivitas dan perkembangan bisnis para pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Indonesia. Salah satunya melalui pembukaan channel ‘SME Corner’ di GraPARI.

General Manager Corporate Business Solution Management Telkomsel, Rini Apriliani mengatakan, hadirnya SME Corner di 4 GraPARI ini akan memudahkan akses para pelaku bisnis yang ingin memanfaatkan solusi dan layanan Telkomsel untuk meningkatkan kinerjanya.

“Di tahap awal kami memprioritaskan SME Corner hadir di lokasi yang sudah memiliki banyak pelaku UKM,” kata Rini Apriliani dalam keterangannya Kamis, (21/1/2016).

Di SME Corner, para pelaku UKM akan dilayani oleh agen customer service yang memiliki product knowledge lengkap tentang UKM. Agen-agen ini juga siap untuk memberikan konsultasi dan menjawab berbagai pertanyaan terkait produk/solusi UKM Telkomsel.

“Bahkan di beberapa lokasi terdapat demo produk dan display solusi yang ditawarkan,” imbuhnya.

Selain itu, berbagai kegiatan terkait dengan dunia UKM dilakukan secara berkala, seperti kelas workshop dan FGD (Focus Group Discussion) yang berkolaborasi dengan komunitas pelaku UKM setempat.

Saat ini solusi digital yang dihadirkan dalam membantu para pelaku UKM mengembangkan bisnisnya adalah PAKAR (Paket Komunikasi Andalan Wira Usaha).

PAKAR dibagi menjadi beberapa paket, yaitu PAKAR Komunikasi yang memungkinkan pelanggan untuk berkoordinasi secara efisien dengan free call ke sesama grup melalui solusi MyGroup.

PAKAR Bisnis, merupakan solusi digital yang memungkinkan pelanggan UKM berkoordinasi melalui email, chat, berbagi dokumen, dan semua fitur lainnya dengan solusi Business Connect yang didukung oleh Google Apps for Work.

PAKAR Marketing, merupakan solusi digital yang memungkinkan UKM untuk membuat toko online-nya sendiri dan memasarkan produknya melalui solusi Jarvis store.

Serta PAKAR Finansial, merupakan solusi digital yang memungkinkan pelanggan melakukan pencatatan transaksi keuangan perusahaan secara terstruktur melalui solusi e-accounting. Pelanggan juga bisa melakukan transaksi penjualan dan pembayaran menggunakan kartu kredit/debit melalui solusi Moka POS

Telkomsel juga menawarkan layanan Telkomsel Digital Advertising kepada pelaku UKM yang akan menghadirkan solusi komunikasi pemasaran yang fokus kepada konsumen.

Layanan ini diberikan sesuai profil dan perilaku melalui layanan berbasis pesan seperti SMS dan MMS dalam bentuk Bulk, Targeted maupun Location Based Advertising.

Saat ini SME Corner dapat dijumpai oleh pelanggan di GraPARI Banda (Bandung), GraPARI Pemuda (Surabaya), GraPARI Yogya dan GraPARI Denpasar. (MS/HBS)

Artikel Telkomsel Sediakan ‘SME Corner’ untuk UKM dikutip dari Telset.