JAKARTA – Telkomsel meresmikan pusat layanan GraPARI pertamanya di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi. Pusat layanan ini akan melayani kebutuhan komunikasi jemaah asal Indonesia yang pergi ke Tanah Suci, baik untuk Umroh maupun ibadah Haji.
“Dengan hadirnya GraPARIMakkah sebagai pusat layanan permanen di Mekkah, kami harap dapat membantu para pelanggan Telkomsel yang berada di tanah suci, khususnya untuk mengatasi berbagai permasalahan komunikasi,” ujar Ririek Ardiansyah, Direktur Utama Telkomsel dalam keterangannya, Senin (2/3/2015).
Hal ini, lanjut Ririek, diharapkan juga akan meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan di dalam berkomunikasi menggunakan Telkomsel selama berada di tanah suci.
Menurutnya, Mekkah merupakan salah satu destinasi utama di luar negeri bagi masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam yang melakukan ibadah haji atau umroh.
Berdasarkan info dari Kementrian Agama tahun 2014 lalu, ada sekitar 168 ribu Jemaah Haji dan lebih dari 500 ribu Jemaah Umrah berasal dari Indonesia.
“Untuk itu, agar mendukung ibadah para jemaah asal Indonesia berjalan lancar, Telkomsel ingin turut memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan, khususnya dalam hal komunikasi,” tuturnya.
Menurut data survei yang dilakukan Telin, jumlah populasi warga negara Indonesia yang bermukim di Saudi Arabia ada sekitar 1,7 juta jiwa. Mereka terkonsentrasi di tiga kota, yakni Jeddah, Mekkah dan Ryadh dengan jumlah.
Sebesar 16% diantaranya bekerja baik di sektor formal, seperti perawat di Rumah Sakit, arsitek, perhotelan, dll. Sisanya sebesar 84% bekerja disektor informal seperti pengemudi dan perumahan.
Kedepannya diharapkan GraPARIMakkah juga akan bertindak pusat komunikasi dan informasi bagi pekerja asal Indonesia di Makkah.
GraPARIMakkah melayani penggantian kartu (simcard) yang rusak, setting ponsel, aktifasi fitur terutama international roaming, block dan unblock kartuHalo. Selain melayani jemaah Indonesia, pusat layanan ini juga akan melayani para tenaga kerja Indonesia yang berada di Mekkah.
Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan customer experience pelanggan Telkomsel di luar negeri, sesuai dengan komitmen Telkomsel pada tahun 2015 untuk memberikan WoW Great Experience kepada pelanggan.
GraPARIMakkah merupakan hasil kerjasama antara Telkomsel dan Telin (Telkom International) sebagai bagian dari TelkomGroup.
GraPARIMakkah dibangun di Gedung Abraj Al-Bait lantai P3 dengan luas kurang lebih 130 m2, yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu untuk pelayanan seluler dan restoran.
Pelayanan seluler GraPARIMakkah akan dioperasikan oleh empat orang, sedangkan jam operasionalnya akan mengikuti jam operasional Abraj Al Bait.(MS/HBS)