telset

Telkomsel Perkuat Jaringan Jelang Liburan Akhir Tahun

BTS Telkomsel di wilayah Maluku Utara
BTS Telkomsel di wilayah Maluku Utara

Jakarta – Libut Natal dan Tahun Baru 2013 selalu diikuti oleh lonjakan trafik komunikasi. Untuk mengantisipasinya, Telkomsel telah meningkatkan kapasitas jaringannya di beberapa wilayah yang biasanya menjadi lokasi pilihan untuk berlibur.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Telkomsel kali ini juga masih memberikan perhatian khusus untuk wilayah regional Bali Nusa Tenggara (Bali Nusra), karena kedua wilayah ini banyak dikunjungi wisatawan.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik ini pihak Telkomsel telah meningkatkan kapasitas jaringannya hingga 30% selama musim liburan Natal dan Tahun Baru, khususnya untuk kedua wilayah tadi.

“Berbeda dengan musim libur Lebaran yang peningkatan trafiknya menyebar di berbagai wilayah, untuk libur Natal dan Tahun Baru biasanya lonjakan trafik hanya terpusat di beberapa wilayah saja,” kata Direktur Network Telkomsel, Abdus Somad Arief di acara ‘Telkomsel Celular Update’ di Jakarta, Kamis (20/12).

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik itu, lanjut Abdus, pihaknya telah terus melakukan optimalisasi jaringan serta rutin meremajakan perangkat network di beberapa wilayah.

“Kami juga sudah menyiapkan 18 unit Compact Mobile Base Transceiver (Combat) atau mobile BTS di berbagai titik strategis yang tingkat trafik komunikasinya tinggi,” tuturnya.

Mobile BTS atau Combat berfungsi untuk memperluas coverage dan kapasitas trafik komunikasi. Dengan perangkat ini, para operator bisa lebih mudah mewujudkan high performance network.

Abdus juga menyebutkan Combat milik Telkomsel ini sudah dilengkapi dengan koneksi WiFi, sehingga akan lebih memudahkan para pelanggan dalam mengakses layanan data.

“Saat ini Telkomsel memiliki 200 unit Mobile BTS yang tersebar di seluruh Indonesia, 40 di antaranya ada di wilayah Jabotabek. Combat inilah yang akan dioptimalkan selam Natal dan Tahun baru,” terang Abdus.

Ia memperkirakan, trafik layanan data akan mengalami lonjakan sekitar 82% dibandingkan tahun lalu. “Layanan data akan mengalami lonjakan cukup besar, karena melihat pertumbuhan pengguna layanan data Telkomsel yang telah mencapai 52 juta,” tukasnya.

Pada periode Natal dan Tahun baru sebelumnya, Telkomsel melayani 3,898 Tera Byte trafik layanan data menjelang Natal 2011. Angka ini lebih tinggi sekitar 45% dibandingkan trafik layanan data yang setiap harinya rata-rata mencapai 3,763 Tera Byte.

Sementara pada tanggal 25 Desember 2011, trafik layanan suara mencapai 867.000 erlang atau meningkat sekitar 25% dibandingkan trafik hari normal sekitar 749.000 erlang.

Lonjakan tajam terjadi pada trafik SMS, di mana tercatat lebih dari 13 juta SMS dilayani atau melonjak 160 persen dibandingkan trafik hari normal yang hanya 5 juta SMS perhari.

Kesiapan Telkomsel juga terlihat dari sisi infrastruktur. Dimana hingga menjelang akhir tahun ini, Telkomsel telah memiliki lebih dari 54.000 BTS di seluruh Indonesia termasuk di antaranya 15.000 unit BTS 3G.

“Hingga update terakhir kami sudah membangun 11.000 BTS. Targetnya di akhir tahun akan ada 12.000 BTS baru, dimana 60 persennya merupakan node B untuk 3G,” pungkas Abdus.

Sementara itu, Kepala Humas Kementerian Kominfo, Gatot S Dewa Broto menyambut baik kesiapan para operator menjelang musim liburan Natal dan Tahun Baru. Ia berharap, Telkomsel sebagai market leader bisa memberikan layanan yang terbaik selam dua moment tersebut.

“Kami berharap operator tahun ini bisa lebih siap dalam mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi. Di tahun lalu, secara keseluruhan jaringan operator sudah cukup baik, walaupun tetap masih ada beberapa titik yang bermasalah,” ujarnya.

Gatot menyebutkan kendala yang paling sering dikeluhkan pada saat masa puncak liburan antara lain, Internet lambat, panggilan terputus (droped call), panggilan terblok (blocked call), dan SMS tidak lancar. “Mudah-mudahan tahun ini masalah-masalah tersebut bisa diminimalisir,” tandas Gatot. [hbs]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0