Telkomsel Operasikan BTS Pertama di Pulau Komodo

Jakarta – Dalam rangka mendukung kebutuhan komunikasi masyarakat dan petugas Balai Taman Nasional Komodo, Telkomsel mengoperasikan base transceiver station (BTS) di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kehadiran infrastruktur jaringan telekomunikasi di Pulau Komodo ini menjadikan Telkomsel satu-satunya operator selular yang menyediakan layanan telekomunikasi di Pulau Komodo.

Tersedianya layanan telekomunikasi di Pulau Komodo sekaligus merupakan dukungan nyata Telkomsel terhadap pemerintah dalam mengembangkan potensi Pulau Komodo sebagai lokasi konservasi yang menjadi aset berharga pariwisata nasional, bahkan internasional, kata Sarwoto dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (17/4).

Dijelaskan, didukung daya jangkau hingga radius lima kilometer, BTS Telkomsel meng-cover seluruh wilayah Pulau Komodo, termasuk pulau-pulau kecil di sekitarnya.

BTS Telkomsel di Pulau Komodo ini mampu melayani kebutuhan komunikasi suara hingga 5.000 pengguna, atau melebihi populasi penduduk Pulau Komodo yang mencapai 4.000 jiwa. Telkomsel juga menggelar layanan internet berteknologi EDGE dengan kecepatan akses internet hingga 128 Kbps.

Kami berterima kasih kepada Telkomsel yang mendukung kami dalam pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan di Pulau Komodo, terutama sektor pariwisata, ujar  Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Sustyo Iriyono.

Sustyo berharap, komitmen Telkomsel tidak berhenti sampai di sini dan terus memperluas jangkauan jaringannya hingga ke Pulau Rinca dan Pulau Padar yang juga masuk ke dalam gugusan wilayah Taman Nasional Komodo.

Sarwoto mengungkapkan, hadirnya sarana telekomunikasi dapat meningkatkan ketahanan nasional sekaligus mempersatukan bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

Kami terus berupaya agar layanan Telkomsel dapat menjangkau seluruh wilayah populasi Indonesia, sehingga ke depannya benar-benar terhubung seutuhnya dengan adanya jaringan telekomunikasi, pungkas Sarwoto.

Sebelumnya, Gubernur NTT Frans Lebu Raya menyatakan perlunya dukungan dari Pemerintah Pusat, institusi usaha, serta seluruh elemen masyarakat untuk membangun infrastruktur di Pulau Komodo guna mendukung pelaksanaan Sail Komodo 2013.[hbs]

 

 

Previous articleIndonesia Pasar Ketiga Terbesar Kaspersky
Next articleIntel Cove Point, Ultrabook Sekaligus Tablet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here