Jakarta – Telkomsel meluncurkan layanan T-Zone yang menyasar segmen UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di beberapa daerah yang menjadi sentra UMKM dan juga di area pelosok dan lepas pantai.
Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Edward Ying mengatakan ”T-Zone merupakan salah satu layanan yang hadir untuk komunikasi yang lebih baik, efisien dan terjamin/aman bagi para pelaku UMKM.”
Lebih lanjut Edward mengatakan, T-Zone juga memberikan nilai tambah melalui aplikasi kehadiran (presence) dan Location Based Promotions untuk mengembangkan bisnis dan memberikan pengalaman baru bagi pelanggan mereka.” Ungkapnya di Jakarta, Jumat (27/06/2014).
Telkomsel T-Zone merupakan access point (serupa dengan Wifi) yang dapat memberikan cakupan khusus (private area) berupa jaringan 3G, layaknya mini BTS (Base Transceiver Station), yang dapat digunakan secara bersamaan hingga 32 pengguna.
T-Zone Access Point membutuhkan koneksi Internet melalui jaringan Internet broadband DSL, seperti Telkom Speedy, maupun satelit. T-Zone memberikan ketersediaan jaringan yang lebih khusus (private) dan aman, bahkan di lokasi yang sulit untuk dijangkau seperti rig lepas pantai, perkebunan atau lokasi pelosok lainnya di mana akses terhadap jaringan 3G terbatas atau tidak tersedia.
“Saat peluncuran ini, layanan T-Zone, sudah tersedia di beberapa daerah yang menjadi sentra pelaku UMKM seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Medan, dan Denpasar, serta rig lepas pantai. Ke depannya kami akan kembangkan layanan T-Zone ke daerah lainnya”, tambah Edward.
Beberapa kelebihan T-Zone antara lain menawarkan komunikasi gratis sesama anggotanya (MyGroup – Layanan Suara & SMS), dan beberapa nilai tambah seperti aplikasi kehadiran yaitu: Employee Management, VIP Attendance & Notification, Visitor Alert danLocation Base Promotion pada jalur komunikasi yang aman/khusus. T-Zone didesain untuk dapat digunakan di zona khusus/pribadi (private zone) sehingga dapat membantu para pelaku usaha UMKM seperti pemilik restoran/café dan gerai pakaian untuk melayani pelanggannya dengan lebih baik, dan lebih personal, namun dengan biaya yang terjangkau.
Adapun beberapa aplikasi dari layanan T-Zone, yang akan memberikan nilai tambah bagi para penggunanya, antara lain adalah Employee Management, yang membantu UMKM untuk menejemen kehadiran dari karyawannya dimanapun, dan kapanpun tanpa harus berada di lokasi kerja; Push Location Based Advertising (LBA) yang berfungsi sebagai alat promosi di lokasi tertentu; danWelcome Greeting yang dapat mengidentifikasi pelanggan setia atau pelanggan VIP bila mereka memasuki wilayah toko.
Dalam kesempatan pertama ini, Telkomsel bekerjasama dengan Femto Indonesia, mitra penyalur Alcatel-Lucent yang akan memasok femto small cell bagi Telkomsel. Alcatel-Lucent merupakan yang