Telkomsel Jadikan Gorontalo Smart City Lewat FleetSight

Smart City di Gorontalo

Telset.id, Jakarta – Telkomsel menjalin kerja sama dengan sejumlah Pemerintah Daerah (Pemda) di Provinsi Gorontalo untuk mengembangkan Smart City. Anak usaha Telkom Group ini akan membantu mengembangkan solusi Internet of Things (IoT) bernama Telkomsel FleetSight.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Telkomsel bersama beberapa Bupati dari Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo Utara di Jakarta (28/10/2019).

Dalam kolaborasi tersebut, Telkomsel akan menghadirkan solusi Internet of Things (IoT) bernama Telkomsel FleetSight. Produk ini merupakan solusi untuk mengendalikan kendaraan operasional dengan menyambungkan perangkat telematika berbasis satelit yang dipasangkan pada kendaraan.

{Baca juga: Paket Internet Telkomsel, Daftar Harga dan Rekomendasi}

Selain itu, mereka juga membangun solusi smart tax serta platform pelaporan masyarakat. Lewat teknologi tersebut para Pemda di Provinsi Gorontalo yang bertugas dapat lebih efisien dan transparan dalam menjalankan operasional pemerintahan.

Vice President Small Medium Enterprise Management Telkomsel Seow Chuen Yong Nicholas mengucapkan apresiasi atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Telkomsel untuk dapat menghadirkan solusi kota pintar di sejumlah daerah di Provinsi Gorontalo.

“Kolaborasi ini akan membantu pemerintah dalam mengakselerasikan negeri melalui sinergi bersama institusi pembangunan daerah, sekaligus mewujudkan pembangunan nasional, dengan pemanfaatan teknologi tepat guna,” kata Nicholas lewat keterangan tertulis pada Rabu (30/10/2019).

Nicholas menambahkan, bahwa solusi smart city yang komprehensif memiliki dampak berkelanjutan merupakan harapan Telkomsel untuk terus bergerak maju mengakselerasikan negeri melalui perluasan implementasi teknologi digital di berbagai lini pemerintahan.

“Semoga kolaborasi antara Telkomsel dengan sejumlah Pemda di Provinsi Gorontalo ini dapat menginspirasi daerah lainnya menerapkan teknologi digital untuk mewujudkan visi Digital Nation yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” tutup Nicholas.

Sebelumnya, Telkomsel juga mendukung pembangunan Smart City di Kabupaten Sumedang. Dikatakan pembangunan kota pintar di Sumedang ini akan berfokus pada pengembangan ekosistem edukasi dan ekonomi. Tujuannya untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat di sana.

{Baca juga: Telkomsel akan Bantu Sumedang Jadi Smart City}

Untuk mengakselerasi perwujudan kota pintar di Sumedang, Telkomsel telah menyiapkan berbagai solusi dan layanan digital yang dapat diimplementasikan di pemerintahan Sumedang, seperti solusi pengelolaan pajak, kesehatan, analisis media, keamanan, dan lain-lain.

Pembangunan infrastruktur Telekomunikasi BTS di wilayah ini juga meningkat 12.5% dibandingkan dengan tahun 2019. Pemanfaatan layanan broadband di wilayah Sumedang pun meningkat hingga 55% dibanding tahun lalu. Jika ditotal Telkomsel sendiri memiliki 820 BTS termasuk di dalamnya 324 BTS 4G di Kabupaten Sumedang. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here