Telkomsel Fokus Hadapi Lonjakan Trafik Akhir Tahun

Jakarta – Libur Natal dan Tahun Baru selalu menjadi moment yang istimewa untuk mengirimkan ucapan selamat kepada keluarga dan teman. Situasi ini pun berimbas pada melonjaknya trafik telekomunikasi.

Telkomsel memprediksi tahun ini lonjakan trafik layanan suara pada saat Natal mencapai 975 juta menit atau naik 3-6%. Sementara layanan SMS diperkirakan akan mengirimkan 878 juta SMS atau meningkat 10-15% dibanding hari normal.

Sedangkan lonjakan tertinggi akan terjadi pada layanan MMS, yang diperkirakan akan mengirimkan 1 juta pesan MMS atau naik sekitar 40-60% dibanding hari normal. Telkomsel juga memprediksi kenaikan juga akan terjadi pada layanan data, dimana lonjakan akan mencapai 121 Tera Bytes atau naik 10-15% di saat Natal.

Sementara pada moment pergantian tahun, lonjakan layanan suara akan mencapai 1 milyar menit atau naik 5-10% dibanding hari normal. Sedangkan layanan SMS saat Tahun Baru diperkirakan akan naik sekitar 20-30% atau ada sekitar 992 juta SMS yang akan dikirim.

Dan sama seperti saat Natal, lonjakan trafik tertinggi di saat Tahun Baru juga diperkirakan akan terjadi pada layanan MMS, dimana akan ada sekitar 1,1 juta MMS yang dikirimkan atau naik 60-80% dibanding hari normal. Sedangkan layanan data diperkirakan akan naik sekitar 10-20% dibanding hari normal.

Telkomsel telah menyiapkan seluruh elemen jaringan melalui peningkatan kualitas jaringan terluas dengan kapasitas yang memadai untuk memberikan kenyamanan berkomunikasi pelanggan pada saat Natal 2011 dan Tahun Baru 2012, terang Direktur Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (24/12).

Sarwoto mengungkapkan, dengan upaya maksimal yang telah dilakukan, pihaknya berharap masyarakat tidak ragu lagi untuk menggunakan layanan Telkomsel sepanjang Natal dan Tahun Baru serta sesudahnya.

Dijelaskannya, Telkomsel telah melakukan uji jaringan di beberapa area yang diprediksi menjadi pusat keramaian, seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Uji jaringan yang dilakukan kali ini lebih fokus ke penggunaan data, baik itu dengan menggunakan laptop maupun smartphone. [hbs]{jcomments on}

 

Previous articleEsia Sumbang Ambulance untuk Warga Pradah Jatim
Next articleLayanan Blackberry Unlimited Axis Diperpanjang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here