Telkomsel Dukung Ajang ARF Direx 2011

Jakarta – Telkomsel menggelontorkan bantuan senilai Rp20 miliar untuk mensukseskan acara ASEAN Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF Direx) 2011, yang digelar di kota Tinutuan Manado, Sulawesi Utara.

Bantuan dalam bentuk penyediaan kapasitas dan kualitas jaringan serta kesiapan tim penanggulangan bencana Telkomsel (TERRA). Dalam event ini, Telkomsel bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan unjuk kerja simulasi recovery telekomunikasi pada saat terjadinya bencana.

Telkomsel mendukung penuh dan menjamin kelancaran event ini dalam wujud penyediaan kapasitas dan kualitas jaringan, kata Dirut Telkomsel dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (16/3). Selain itu, lanjut Sarwoto, pihaknya juga berpartisipasi dalam bentuk penyediaan peralatan dan menerjunkan personel TERRA dalam simulasi latihan penanganan bencana.

Disebutnya, keberadaan telekomunikasi sangat vital, terutama di daerah yang mengalami bencana. Sambungan telekomunikasi sangat membantu baik bagi para korban dan pengungsi serta seluruh kru yang bertugas mengevakuasi dan me-recovery daerah bencana.

Telkomsel di bawah komando Kemenkominfo, sambungnya lagi, telah menerjunkan sekitar 21 personel untuk mendukung latihan penanggulangan bencana yang menjamin ketersediaan jaringan telekomunikasi dan media center dalam recovery bencana.

Kami mengalokasikan budget lebih dari Rp 20 miliar, dengan menyediakan 6 unit Combat Mobile BTS yang terdiri dari mobil, generator, tower 36 m, handphone set, laptop, software network, dan minilink, jelas Sarwoto.

Dalam kesempatan itu juga, menurut Sarwoto, Telkomsel memfasilitasi penyediaan media center dengan Wi-Fi router untuk 5 user masing-masing satu unit di desa Wori dan dua unit di Hotel Ritzy. Telkomsel juga melengkapinya dengan perangkat telepon USO yang terdiri dari satu set fixed wireless telephone (FWT), dan satu kamar bicara umum (KBU).

ARF Direx merupakan latihan penanggulangan bencana alam yang melibatkan kerjasama antara negara-negara internasional dan regional. Acara yang berlangsung mulai tanggal 15 hingga 19 Maret 2011 dihadiri Wakil Presiden RI Boediono dan diikuti oleh sekitar 3.500 peserta dari 26 negara, di antaranya Jepang, Amerika, Korea Selatan, Cina, Singapura, dan Uni Eropa. [hbs]{jcomments on}

 

Berita sebelumyaLebih dari 2.3 Juta Total Download IE 9 dalam Sehari!
Berita berikutnyaAsustek Merilis Netbook Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here