telset

Telkomsel dan BPPT Kembangkan BTS Ramah Lingkungan

Jakarta – Telkomsel menjalin kerjasama dengan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) melakukan pengkajian serta pengembangan teknologi energi, informasi dan komunikasi yang lebih efisien guna mendukung peningkatan daya saing industri telekomunikasi.

Ruang lingkup kerjasama antara Telkomsel dan BPPT diantaranya melakukan pengkajian atas pengujian dan pembuatan standarisasi untuk sistem fotovoltaik serta pengkajian atas pengembangan sistem energi terbarukan untuk catu daya pada sistem telekomunikasi.

“Kolaborasi antara Telkomsel dengan BPPT merupakan salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah yang berkomitmen dalam menghasilkan sumber energi yang lebih efisien, hemat dan ramah lingkungan,” kata Direktur Perencanaan dan Transformasi Telkomsel, Edward Ying dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (30/11).

Ia menerangkan, penggunaan sumber energi alternatif kini dilakukan operator seluler untuk menjamin ketersediaan power supply yang dibutuhkan untuk mengoperasikan BTS, ditengah kekurangan pasokan energi yang disediakan oleh PLN terutama di daerah terpencil ataupun kepulauan.

Disebutnya, selain Solar Cell yang bertenaga matahari, Telkomsel juga sudah mengimplementasikan teknologi Fuel Cell dengan memanfaatkan bahan bakar hidrogen sebagai alternatif energi menggantikan Diesel Generator.

“Telkomsel juga menggunakan Micro Hydro sebagai sumber catuan utama untuk BTS yang relatif dekat dengan sungai yang berpotensi untuk menjadi sumber energi,” jelasnya.

Edaward menegaskan, Telkomsel akan mengembangkan BTS dengan sumber energi alternatif lainnya yang sesuai dengan dengan kondisi geografis Indonesia.

“Pemanfaatan sumber energi alternatif ramah lingkungan ini merupakan upaya efisiensi penggunaan listrik yang kini terasa semakin langka,” imbuhnya.[hbs]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0