Telkom Siap Lebarkan Sayap ke Kamboja

Jakarta – Sebagai incumbent terbesar di industri telekomunikasi Indonesia, PT Telkom saat ini tengah ancang-ancang untuk mengakuisisi perusahaan telekomunikasi di dalam negeri maupun internasional di tahun 2011 ini.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Telkom telah menganggarkan dana sekitar Rp 1 triliun. Bahkan disebutkan, apabila memang dibutuhkan, Telkom siap menambah alokasi dana hingga Rp 4 triliun.

“Saat ini kami tengah melakukan pembicaraan intensif dengan operator seluler terbesar di Kamboja, kata Dirut Telkom Rinaldi Firmansyah, di sela seminar Outlook Telekomunikasi 2011: Mengubah Kejenuhan Menjadi Peluang, di Gran Melia, Jakarta, Rabu (16/3).

Namun diakui Rinaldi, tantangannya tidak mudah, karena untuk bisa mengakuisisi perusahaan asal Kamboja itu, Telkom harus bersaing dengan tiga operator telekomunikasi lain asal Eropa dan Asia lainnya.

“Ada tiga perusahaan lain dari Eropa dan Asia yang juga berminat masuk ke sana. Proses penawarannya sendiri saat ini masih terus kita lakukan. Mudah-mudahan keputusannya bisa di tahun 2011 ini,” ujarnya.

Rinaldi berharap, rencana akuisisi tersebut bisa memberikan kontribusi langsung terhadap pendapatan perusahaan yang dipimpinnya. Oleh sebab itu kami berharap bisa menguasai minimal 51 persen saham atau pemegang saham mayoritas, ucap dia.

Saat ditanya akan diambil dari mana sumber dananya, Rinaldi menyatakan, sumber dana akuisisi akan dialokasikan dari internal perusahaan. “Kita secara konsolidasi memiliki kas perseroan hingga Rp8 triliun, tukasnya. Yang pasti, kita dana akuisisi di luar belanja modal (capex) 2011 yang dianggarkan sekitar Rp 16-17 triliun, tambah Rinaldi.

Selain rencana mengakuisisi perusahaan asal Kamboja, Telkom juga dikabarkan tengah melirik salah satu anak usaha Indosat, StarOne. Pada prinsipnya kami siap melakukan pembicaraan. Tapi keputusannya tetap  pada pihak yang memberi penawaran (Indosat, red), pungkasnya. [hbs]  {jcomments on}  

Previous articleGoogle Akuisisi Green Parrot Pictures demi YouTube
Next articlePalapa Ring Mulai Dioperasikan April 2011

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here