XL XmartCities Lombok Bisa Pesan Makam Online

Telset.id, Jakarta – Operator seluler XL Axiata dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai mengimplementasi kerjasama XmartCities Lombok dalam empat layanan digital yang baru.

Semua layanan cukup inovatif dan unik, bahkan adalah yang pertama dilakukan di Indonesia. Keempat layanan tersebut adalah pemesanan pemakaman, pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan XL Tunai, konten video dakwah bagi para ulama lokal, dan media komunikasi bagi panti asuhan.

Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Madji bersama Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan meresmikan keempat layanan digital tersebut di Mataram, Kamis (11/2).

“Keempat layanan digital ini akan mengantar Provinsi NTB menjadi salah satu provinsi yang terdepan memanfaatkan solusi digital dalam mengatasi problem sosial masyarakat, termasuk menerapkan e-government,” kata Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan

XL, lanjut Ongki, akan berusaha membantu pengembangan kerjasama ini di masa mendatang. XL mendukung program IBP (Internet Broadband Plan) & Smart City yang dicanangkan pemerintah.

Pada layanan pemesanan makam, melalui website dan aplikasi yang dimaksud, masyarakat akan bisa menemukan fitur yang membantu dalam memilih lokasi makam berdasarkan daerah, mengetahui lokasi makam yang statusnya kosong atau sudah terisi, juga memilih dan memesan makam langsung dari aplikasi.

Selanjutnya, masyarakat juga bisa mengetahui status pemesanan apakah berhasil dipesan dan sudah terbayar, serta mencari lokasi makam berdasarkan nama jenazah.

Masyarakat Lombok di 5 wilayah bisa memesan lokasi pemakaman di melalui website http://xmartcitylombok.com/ atau aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store.

Kelima wilayah tersebut masing-masing adalah Kota Mataram meliputi daerah Karang Medain dan Bintaro, Kabupaten Lombok Barat di Demong Jempong dan Pemate, Lombok Tengah di Sengkerang dan Leneng Puah Raya, Lombok Timur di Selong dan Jero Waru, dan Lombok Utara di Nang Sebali Tanjung dan Karang Baru Pemenang.

Media Dakwah

Selain reservasi makam, XL juga membantu para ulama Lombok dalam melakukan aktivitas dakwah melalui media digital. Melalui media dahwah online ini, para ulama akan bisa menyebarkan materi dakwah dalam format video kepada masyarakat NTB yang memang religius.

Para ulama memandang, materi dalam format video bisa menjadi sarana alternatif dakwah mengingat masyarakat juga suka menyimak pengajian secara audio visual. Video Dakwah tersebut kemudian akan distribusikan melalui saluran media jejaring sosial khusus video YouTube.

Website Panti Asuhan

Pemerintah Provinsi NTB dan XL juga meresmikan implementasi dari pembangunan website yang didedikasikan bagi kalangan panti asuhan di Lombok. Website ini akan bermanfaat untuk mempermudah proses sosialisasi mengenai kondisi dan kebutuhan setiap Panti Asuhan di daerah tersebut.

Website ini sekaligus akan mempermudah masyarakat untuk bisa menyalurkan donasi kepada panti-panti tersebut. Saat ini jumlah panti asuhan yang ada di Lombok sekitar 1.500 dan yang telah mendaftar sudah 20 panti asuhan di Lombok.

Dalam pembangunan website ini, XL menggandeng STIMIK Bumigora, Mataram. XL memang selalu melibatkan perguruan tinggi setempat dalam membangun saranan digital terkait program XmartCity dan XmartVillage di berbagai daerah.

Terakhir, XL dan Pemerintah Provinsi NTB juga mulai mengimplementasikan kerjasama layanan XL Tunai untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Kerjasama ini sudah ditandatangani pada awal Juni 2015 lalu. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI