XL Siapkan Mobile BTS Antisipasi Natal dan Tahun Baru

Telset.id, Jakarta – XL telah siap menghadapi kemungkinan kenaikan trafik telekomunikasi yang biasa terjadi di momen Natal dan Tahun Baru. Operator seluler asal Malaysia ini menyatakan akan mengerahkan mobile BTS (base transceiver station) untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi di kedua momen besar akhir tahun itu.

“Kami menyiagakan tim yang akan siap 24 jam, baik di pusat pemantauan jaringan, maupun di lapangan,” kata Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya, dalam keterangan pers yang diterima Telset.id, Sabtu (17/12/2016).

Ia mengungkapkan, liburan Natal dan Tahun Baru biasanya terjadi kenaikan trafik komunikasi untuk semua layanan di area tertentu saja, antara lain pusat-pusat keramaian di perkotaan dan lokasi wisata.

“Kami akan memantau secara terus-menerus semua area dan semua wilayah layanan XL. Dengan begitu kami bisa bergerak cepat jika terjadi sesuatu di mana pun itu,” ujar Yessie memastikan.

Yessie menambahkan, pihaknya memprediksi akan terjadi kenaikan trafik secara rata-rata sebesar 5% – 20%, dengan layanan Data akan mendominasi. Menurutnya, infrastruktur jaringan XL yang ada saat ini masih mampu melayani kemungkinan kenaikan trafik semua layanan. Karena itu, XL tidak perlu menambah BTS khusus di suatu daerah.

Meski begitu, XL juga menyiapkan sejumlah BTS bergerak (mobile BTS) untuk mengantisipasi lonjakan trafik di suatu area tertentu. Secara khusus XL menyiapkan penambahan kapasitas jaringan di area publik, termasuk pusat-pusat perbelanjaan, terminal, stasiun kereta, bandar udara, lokasi wisata, serta jalan tol di semua wilayah layanan XL.

Jalan raya yang menghubungkan Jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur mendapatkan perhatian khusus, mengingat ada perkiraan jumlah pengguna jalan ke kedua provinsi itu akan meningkat seiring dengan semakin mudahnya akses setelah ada jalan tol.

Kenaikan trafik terutama pada layanan Data cenderung terjadi di semua region dengan kenaikan terbesar diperkirakan terjadi di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan kenaikan sekitar 20%.

Lebih spesifik lagi, diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik yang cukup signifikan di daerah Kebumen, Pekalongan, serta di Bukittinggi Sumatera Barat, dengan kenaikan trafik di atas 50%.

Infrastruktur jaringan XL saat ini ditopang oleh lebih dari 81 ribu BTS, termasuk diantaranya lebih dari 7 ribuan BTS 4G. Selain itu, jaringan backbone fiber optic XL membentang sejauh lebih dari 40 ribu km, yang menghubungkan hampir seluruh wilayah Indonesia.[MS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here