Telset.id, Jakarta – XL Axiata optimis akan mampu meningkatkan penjualan paket data melalui saluran online. Setelah mampu meraih total penjualan online hingga 17% dari total penjualan melalui saluran distribusi modern (modern channel) sepanjang 2017,
XL kini membidik perolehan lebih besar lagi untuk tahun 2018. Untuk itu, suatu program penguatan distribusi online telah dicanangkan, dengan merangkul semua pihak yang terlibat di dalamnya, terutama para partner distribusi.
“Tahun lalu kami berhasil meningkatkan penjualan melalui channel online yang tumbuh sangat signifikan. Pertumbuhan tersebut mencapai lebih dari 200% untuk pulsa, dan lebih dari 1000% untuk paket sales,” terang Chief Marketing Officer XL Axiata, David Arcelus Oses.
Menurutnya, pencapaian dan peningkatan penjualan paket data XL melalui saluran online tersebut, tentunya juga tidak terlepas dari dukungan para mitra penjualan online XL.
Kedepan, dia berharap untuk bisa terus meningkatkan lagi porsi penjualan layanan data melalui saluran online ini, mengingat besarnya potensi pasar online yang masih bisa dimanfaatkan.
Bukti besarnya potensi pasar online antara lain terlihat dari semakin luasnya penetrasi smartphone di Indonesia, dan semakin tingginya kebutuhan pelanggan untuk bisa mendapatkan produk layanan data secara simple, cepat, dan aman.
Hingga saat ini, jelas Arcelus, penjualan melalui saluran online masih didominasi di wilayah perkotaan. Hal ini tidak mengherankan mengingat tingkat penggunaan smartphone di perkotaan juga lebih tinggi, selain juga koneksi layanan data yang juga lebih baik.
Selain itu, tingkat kesadaran pengguna layanan data untuk memanfaatkan saluran online dalam memenuhi kebutuhan data juga lebih tinggi, sesuai dengan karakter mereka yang juga lebih mobile dalam aktivitas keseharian.
Untuk mendukung penjualan secara online, XL menggandeng puluhan mitra penjualan online (online sales partner). Ada sekitar 40 partner utama penjualan online yang saat ini bekerjasama dengan XL.
“Layanan mereka memiliki kemampuan menjangkau masyarakat yang luas di seluruh Indonesia dengan brand yang terpercaya dalam bisnis e-commerce,” sebutnya.
Dan untuk memperkuat kerjasama dan sekaligus menjalin kesepahaman dalam mencapai target penjualan di tahun 2018, XL menyelenggarakan acara bertajuk “XL Online Kick Off 2018” di Jakarta, Rabu (17/1).
Acara tahunan ini dihadiri oleh semua partner penjualan yang telah bekerjasama, maupun partner baru yang akan segera bergabung. Pada acara ini, XL juga menyerahkan penghargaan kepada para partner yang telah berhasil mencapai target penjualan sepanjang 2017.
Tokopedia meraih Best Package Selling 2017, yaitu penghargaan untuk kategori penjualan paket tertinggi selama 2017. Lazada meraih Best SP Activation 2017, untuk kategori aktivasi starterpack tertinggi selama 2017. Terakhir, Shoppe meraih Best Program With XL in 2017 untuk kategori media support & creativity program 2017. [HBS]