Telset.id, Jakarta – XL Axiata memastikan kesiapan jaringan mereka untuk menyambut libur panjang akhir tahun 2020. Operator ini mempersiapkannya untuk menghadapi kemungkinan lonjakan trafik di semua layanan pada Natal dan Tahun Baru 2021.
XL Axiata belajar dari tahun-tahun sebelumnya. Sepanjang libur panjang akhir tahun, trafik layanan terutama data selalu meningkat secara signifikan. Pada dua tahun terakhir, trafik data meningkat hingga 15 %.
Tahun ini, meskipun masih dalam kondisi pandemi dan adanya pengurangan hari libur bersama, XL Axiata memperkirakan tetap akan ada peningkatan trafik data sekitar 10 % dibandingkan hari biasa.
Berdasarkan keterangan resmi pada Minggu (20/12/2020), Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan bahwa untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik, perusahaan tetap menyiapkan jaringan seperti di saat kondisi normal sebelum pandemi.
“Kapasitas jaringan yang kami sediakan sebesar 2 kali. Kami perkirakan trafik data berpotensi naik meski masyarakat tidak bisa merayakan Natal dan pergantian tahun secara leluasa,” tutur I Gede.
{Baca juga: Terapkan Open RAN, XL Axiata Perluas Jaringan di Indonesia Timur}
“Masyarakat akan tetap merayakannya secara virtual, termasuk umat Nasrani akan melakukan misa Natal dan bersilaturahmi secara streaming,” sambungnya.
Sedangkan untuk mengisi libur panjang hingga akhir tahun 2020, selain bepergian, masyarakat luas kemungkinan akan mengisi masa tersebut dengan berbagai aktivitas digital karena harus membatasi keluar rumah.
Lokasi-lokasi tujuan wisata tetap mendapatkan perhatian khusus tim XL Axiata, demikian juga dengan jalur mudik utama, terutama jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera, serta jalur utama kereta api.
XL Axiata Sambut Libur Panjang Akhir Tahun 2020
Selain mempersiapkan layanan dengan baik, XL Axiata pun melaksanakan uji jaringan untuk menyambut libur panjang akhir tahun 2020.
Operator ini melakukan pengujian melalui semua jalur transportasi pada bulan November dan Desember 2020. Tujuannya untuk memastikan semua jaringan telah siap.
Untuk jalan tol, uji jaringan dilaksanakan pada ruas Jakarta–Surabaya, Jakarta–Bandung, Surabaya–Malang, Surabaya–Probolinggo, Jakarta-Bakaheuni, serta ruas tol Pelabuhan Bakaheuni–Palembang.
Sementara itu untuk jalur kereta, pengujian dilakukan di jalur Jakarta–Semarang–Surabaya, jalur Jakarta–Yogyakarta–Surabaya, jalur Surabaya–Banyuwangi, dan jalur kereta Surabaya–Bandung.
Hasil dari uji jaringan di jalur transportasi utama tersebut menunjukkan kualitas jaringan XL Axiata yang cukup baik, yaitu diatas 95% telah terlayani oleh jaringan 4G dan 93% bersinyal kuat.
Selain itu, persiapan lain berupa pengerahan tidak kurang dari 30 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok.
{Baca juga: XL Axiata Gandeng Solace untuk Maksimalkan Aplikasi MyXL}
Titik-titik lokasi yang dimaksud meliputi jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara.
Secara umum, ada sedikitnya 104 lokasi wisata yang menjadi perhatian tim XL Axiata, yang berpotensi terjadi peningkatan trafik.
XL juga menjaga kualitas jaringan di area pemukiman untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi di area tersebut.
“Selain lokasi tujuan wisata dan jalur transportasi, XL Axiata juga tetap memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di area pemukiman. Bagaimana pun juga, selama masa pandemi trafik di area pemukiman masih terus tinggi,” kata I Gede.
“Hal ini tentu tidak terlepas dari aktivitas pelanggan dan masyarakat yang memang masih dilakukan dari rumah guna menghindari paparan Covid-19,” tambahnya.
Dalam menjaga kualitas jaringan, XL akan melakukan pemantauan melalui pusat monitoring jaringan yang berada di XL Axiata Tower, maupun langsung di lapangan.
Sejumlah langkah antisipasi guna menghadapi kondisi darurat juga telah disiapkan mengingat menjelang akhir tahun ini curah hujan mulai meningkat dan telah menyebabkan banjir dan tanah longsor di berbagai daerah.
Langkah antisipasi tersebut antara lain berupa menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.
Dengan berbagai upaya yang dilakukan XL Axiata membuktikan bahwa perusahaan siap untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan selama libur panjang akhir tahun 2020 dan momen Hari Natal dan Tahun Baru 2021. (NM/MF)