Xiaomi Ogah Disamakan dengan Apple

Telset.id, Jakarta –  Sejak kemunculannya tahun 2010 silam, Xiaomi kerap dibanding-bandingkan dengan Apple. Banyak orang bahkan membandingkan kedua perusahaan ini dikarenakan persamaan produk Xiaomi dengan perusahaan asal Amerika tersebut. Tak heran Xiaomi sering dijuluki “Apple versi Tiongkok”. Namun ternyata, Xiaomi ogah disamakan dengan Apple.

Namun seperti dilansir dari laman Bloomerg, CEO Xiaomi Lei Jun menolak jika perusahaan yang dipimpinnya itu dibandingkan dengan Apple. Dia malah mengatakan lebih senang jika dibandingkan dengan Costco Wholesale Corp., sebuah ritel serba ada asal Amerika.

“Kami memiliki kesamaan sistem nilai dengan Costco. Kami ingin pengguna memiliki produk yang lebih baik dengan harga terjangkau,” ujar Lei Jun.

Dia menjelaskan bahwa Costco memiliki strategi penjualan barang dengan margin lebih kecil tapi mengandalkan pendapatan dari biaya keanggotaan bulanan. Mereka ingin menduplikasi hal tersebut, namun dengan menawarkan penjualan dari sisi layanan dan aplikasi.

Sedangkan Apple, seperti yang diketahui oleh masyarakat umum, lebih memilh untuk menjual barang dengan harga mahal dan mengambil margin yang besar sebagai pendapatan utama mereka.

Saat ini Xiaomi sedang berusaha merubah strategi untuk mendongkrak penjualannya. Mereka akan fokus menjual secara online karena menurutnya sistem ini lebih efisien jika dibandingkan dengan penjualan secara offline.

Selain itu, Xiaomi kini juga sedang berusaha mengubah citra perusahaan mereka dalam beberapa tahun terakhir. Mereka ingin lebih dikenal sebagai perusahaan teknologi jika dibandingkan hanya sekedar menjadi perusahaan ponsel pintar saja. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here