Home NEWS TELKO Menguji Jaringan Tri Indonesia di Pulau Jawa, Bagaimana Hasilnya?

Menguji Jaringan Tri Indonesia di Pulau Jawa, Bagaimana Hasilnya?

Stasiun Tugu Yogyakarta

Telset.id – Hutchison 3 Indonesia (Tri) terus menghadirkan jaringan 4.5G Pro terbaik kepada pelanggan. Kami pun membuktikan kualitas internet Tri Indonesia dengan melakukan uji jaringan di beberapa kota di Pulau Jawa. Berikut ulasan dan hasil lengkapnya.

Uji jaringan ini dilakukan di 4 kota, antara lain Cirebon, Semarang, Solo, dan Yogyakarta. Keempat kota tersebut mewakili kota-kota besar di wilayah Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Selain kota-kota tadi, kami pun melakukan uji jaringan Tri Indonesia di jalur tol Trans Jawa yang mencakup Tol Cikopo – Palimanan, Tol Semarang – Batang, Tol Semarang – Solo, dan Tol Pejagan – Pemalang.

Jalur-jalur tersebut memang sering dilalui oleh masyarakat yang ingin berkunjung ke Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta, serta kota-kota lain di Pulau Jawa.

{Baca juga: Tri Indonesia Beri Bantuan untuk Korban Banjir Kalsel dan Gempa Mamuju}

Uji jaringan dilakukan sejak tanggal 20 April 2021 hingga 22 April 2021. Pengujian yang kami lakukan menggunakan Samsung Galaxy S21 dengan aplikasi pendukung, seperti Speedtest, Network Cell Info, dan OpenSignal.

Adapun mekanisme uji jaringan Tri di Pulau Jawa dilakukan dalam 2 cara. Pertama, dengan menggunakan aplikasi uji jaringan. Sementara cara kedua, dengan simulasi bermain game online populer PUBG Mobile, serta streaming video dan audio.

Nah, berikut ini hasil uji jaringan Tri Indonesia di beberapa kota di Pulau Jawa. Yuk simak hasilnya, sob!

Uji Jaringan Tri Indonesia di Tol Trans Jawa

Uji jaringan di jalan tol

Ketika mengunjungi beberapa kota di pulau Jawa, tim Telset melewati beberapa jalur tol yang biasanya dilalui saat Anda ingin berkunjung ke beberapa kota di Jawa seperti Cirebon, Semarang, Solo ataupun Yogyakarta.

Kami melewati jalur Tol Cikopo – Palimanan, Tol Semarang – Solo dan Tol Pejagan – Pemalang. Di jalur tol tersebut kami melakukan uji jaringan menggunakan aplikasi serta serta pengalaman streaming video dan bermain mobile game.

Pengujian ini dilakukan karena selama perjalanan, Anda sering mengakses jaringan internet untuk streaming video atau bermain game menjadi obat untuk melawan bosan. Lalu bagaimana hasil uji jaringan Tri Indonesia di jalan tol?

Saat melintasi jalur Tol Cikopo – Palimanan berdasarkan uji jaringan menggunakan Speedtest kecepatan unduh Tri mencapai 11 Mbps dan kecepatan unggahnya mencapai 6,19 Mbps.

Hasil berbeda terjadi saat menggunakan OpenSignal dimana kecepatan unduh Tri sekitar 15,5 Mbps, kecepatan unggah 6,25 Mbps dengan latensi 31 miliseconds (ms).

Masih menggunakan aplikasi OpenSignal, hasil uji video menunjukan bahwa pemuatan video mencapai 0,9 second atau detik, tanpa buffering dan kualitas pemutaran 95% sangat baik untuk video. Adapun hasil uji jaringan menggunakan Network Cell Info kecepatan unggah mencapai 34,2 Mbps dan unduh 10,8 Mbps.

Hasil uji jaringan Tri di Tol Cikopo – Palimanan

Uji jaringan selanjutnya adalah Jalan Tol Semarang – Solo. Jalan bebas hambatan ini sering menjadi pilihan bagi orang yang ingin berkunjung ke Kota Solo, Yogyakarta ataupun Salatiga. Di Semarang – Solo kami melakukan uji jaringan menggunakan Speedtest, Network Cell Info dan OpenSignal.

Hasil pengujian menggunakan Speedtest menunjukan kecepatan unduh Tri terbilang tinggi yakni mencapai 63,7 Mbps dan kecepatan unggahnya mencapai 2,87 Mbps. Hasil kecepatan unduh dan unggah berdasarkan Network Cell Info sekitar 34,2 Mbps dan 10,8 Mbps.

Hasil serupa juga ditunjukan saat kami menggunakan OpenSignal dimana kecepatan unduh mencapai 11,3 Mbps, kecepatan unggah 7,62 Mbps dengan latensi 48 ms.

Masih di aplikasi OpenSignal hasil kecepatan pemuatan adalah 0,7 detik, tanpa buffering dan kualitas pemutaran sangat baik atau 96%.

Hasil uji jaringan Tri di Tol Semarang – Solo

Terakhir adalah Tol Pejagan – Pemalang. Di jalur tol ini hasil uji jaringan menggunakan Speedtest menunjukan kecepatan unduh Tri mencapai 24,1 Mbps dan kecepatan unggah mencapai 18,8 Mbps.

Hasil yang tidak jauh berbeda saat melakukan uji jaringan menggunakan Network Cell Info. Kecepatan unduh Tri mencapai 17,8 Mbps dan kecepatan unggah 20,6 Mbps.

Terakhir saat menggunakan aplikasi OpenSignal, kecepatan unduh mencapai 29,1 Mbps dan kecepatan unggah 17,7 Mbps.

Mengenai hasil uji video, kecepatan pemuatan Tri adalah 1,5 detik, tanpa buffering dan kualitas pemutaran juga sangat baik.

Hasil uji jaringan Tri di Tol Pejagan – Pemalang

Hasil pengujian yang dilakukan di berbagai jalur tol tersebut juga dilakukan lewat mekanisme simulasi bermain game dan streaming video di YouTube.

Hasilnya proses bermain game seperti PUBG Mobile dan streaming video sangat lancar dan tidak buffering atau ngelag.

Kami dapat menyelesaikan game dan video dengan nyaman karena tidak ada gangguan selama melakukan 2 aktivitas tersebut.

Uji Jaringan Tri Indonesia di Kota Cirebon

Kota Cirebon

Cirebon adalah salah satu kota terkenal di Jawa Barat. Secara geografis Cirebon memiliki luas wilayah 37,36 km² dengan penduduk sekitar 316.277 jiwa jika merujuk pada hasil sensus BPS di tahun 2018.

Wilayah yang berjuluk “Kota Udang” ini memiliki beberapa Point of Interest (POI) yang merupakan tempat wisata atau area publik seperti Alun-Alun Kejaksaan Kota Cirebon, Keraton Kasepuhan Cirebon, Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon, Pantai Kejawan, Stasiun Kejaksaan Cirebon dan lain sebagainya.

Dari sekian POI yang ada, Alun-Alun Kejaksaan Kota Cirebon menjadi salah satu POI yang banyak dikunjungi oleh masyarakat disana. Alun-alun ini beralamat di Jalan RA Kartini, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon.

Luas Alun-Alun Kota Cirebon sekitar 1 hektar dan menjadi tempat favorit masyarakat untuk berkumpul karena tempatnya yang cukup sejuk dan strategis. Alun-alun ini dekat dengan Masjid Raya At Taqwa, Balai Kota Cirebon, Stasiun Cirebon dan Pusat Grosir Cirebon.

Di Alun-Alun Kejaksaan Kota Cirebon, kami melakukan uji jaringan Tri Indonesia menggunakan aplikasi Speedtest, OpenSignal dan Network Cell Info. Selain itu kami juga melakukan streaming video dan bermain game di area publik tersebut.

Hasil uji jaringan menggunakan Speedtest menunjukan kecepatan unduh Tri mencapai 11,5 Mbps dan kecepatan unggah mencapai 18,1 Mbps. Hasil serupa juga ditunjukan oleh aplikasi Network Cell Info yang mencatat bahwa kecepatan unduh Tri mencapai 11,3 Mbps dan kecepatan unggah 22 Mbps.

{Baca juga: Promo Paket Internet Tri Terbaru dan Murah, Spesial Ramadan 2021}

Sedangkan saat menggunakan OpenSignal hasilnya kecepatan unduh Tri sekitar 13,4 Mbps, kecepatan unggah 12,8 Mbps dengan latensi 30 ms.

Hasil uji video di OpenSignal juga menunjukan bahwa kecepatan pemuatan 1 detik, tanpa buffering dan kualitas pemutaran sangat baik di angka 94%.

Hasil uji jaringan di Kota Cirebon

Hasil uji jaringan ini sejalan dengan pengalaman maksimal saat kami melakukan simulasi bermain game dan streaming video di tempat tersebut. Semua berjalan dengan baik dan kami tidak mengalami buffering atau ngelag.

Uji Jaringan Tri Indonesia di Kota Semarang 

Lawang Sewu Semarang

Uji jaringan Tri di Pulau Jawa Selanjutnya adalah Semarang. Kota Semarang merupakan salah satu kota besar di pulau Jawa.

Semarang adalah ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki luas wilayah 373,8 km² dan merujuk pada data BPS tahun 2019 jumlah penduduk di Semarang mencapai 1.786.113 jiwa.

Kota Semarang memiliki POI seperti Alun-Alun Semarang, Simpang Lima, Lawang Sewu, Tugu Muda Semarang, dan Stasiun Semarang Tawang, Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Lama Semarang dan lain sebagainya.

Salah satu tempat yang menjadi kawasan favorit masyarakat adalah kawasan sekitar Tugu Muda dan Lawang Sewu Semarang. Kawasan yang terletak di Jalan Pemuda, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang ini menjadi destinasi favorit karena letaknya yang terletak di tengah-tengah kota Semarang.

Sebagai tempat favorit masyarakat untuk itu kami melakukan uji jaringan Tri Indonesia menggunakan aplikasi Speedtest, OpenSignal dan Network Cell Info. Selain itu kami juga melakukan streaming video dan bermain game di area publik tersebut.

Streaming video menggunakan jaringan Tri

Hasil uji jaringan menggunakan Speedtest menunjukan bahwa kecepatan unduh Tri mencapai kecepatan unduh 39,1 Mbps dan unggah 15,1 Mbps. Lalu hasil uji jaringan menggunakan Network Cell Info menunjukan kecepatan unduh Tri 13 Mbps dan kecepatan unggah 13,1 Mbps.

Sedangkan berdasarkan hasil uji jaringan menggunakan OpenSignal, kecepatan unduhnya 28,1 Mbps, kecepatan unggah 12,1 Mbps dengan latensi 42 ms. Adapun hasil uji video adalah kecepatan pemuatan 1,2 detik, tanpa buffering dan kualitas pemutaran sangat baik dengan angka 93%.

Hasil uji jaringan ini sesuai dengan pengalaman bermain game PUBG Mobile dan streaming video di kawasan tersebut. Semua proses berjalan dengan lancar tanpa buffering atau gangguan jaringan lainnya.

Hasil uji jaringan di Lawang Sewu

Di Semarang, kami juga melakukan uji jaringan di sekitar Jalan Pandanaran Semarang yang juga merupakan salah satu jalan yang sering dilalui oleh wisatawan atau warga lokal Semarang, karena disana banyak sekali penginapan dan pusat oleh-oleh seperti Bandeng Presto Juwana.

Hasil uji jaringan menggunakan Speedtest menunjukan bahwa kecepatan unduh Tri mencapai 21,5 Mbps dan kecepatan unggah 15,1 Mbps. Hasil yang tidak jauh berbeda juga ditunjukan oleh aplikasi Network Cell Info dengan kecepatan unduh 10 Mbps dan kecepatan unggah 11,7 Mbps.

Saat menggunakan OpenSignal kecepatan unduh sekitar 12,5 Mbps, kecepatan unggah 13,8 Mbps dengan latensi 40 ms.

Hasil ini sejalan dengan uji video dimana hasil kecepatan pemuatan sekitar 0,8 detik, tanpa buffering dan kualitas pemutaran video sangat baik sekitar 96%.

Hasil uji jaringan di Jalan Pandanaran

 Uji Jaringan Tri Indonesia di Kota Solo

Stasiun Solo Balapan

Kota selanjutnya adalah Surakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Solo. Kota yang menjadi tempat kelahiran Presiden Joko Widodo ini merupakan kota dengan luas 44,04 km² dengan jumlah penduduk mencapai 575.230 merujuk pada sensus BPS 2019.

Di Solo terdapat beberapa POI yang memiliki trafik tinggi seperti Alun-Alun Kidul Surakarta, Kampung Batik Laweyan, Taman Balekambang, Stasiun Solo Balapan, Stadion Manahan Solo dan lain sebagainya.

Dari beberapa POI tersebut kami memilih Stasiun Solo Balapan yang berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi No. 112, Kelurahan Kestalan, Kecamatan Banjasari, Kota Solo.

Stasiun Solo Balapan menjadi salah satu stasiun yang tersibuk karena menjadi stasiun yang dilalui KRL Jogja-Solo dan kereta jarak jauh.

Saat berada di Solo Balapan kami melakukan uji jaringan Tri Indonesia menggunakan aplikasi SpeedTest, OpenSignal dan Network Cell Info.  Hasil uji jaringan menggunakan Speedtest yaitu kecepatan unduh 23,8 Mbps dan kecepatan unggah 8,92 Mbps.

{Baca juga: Cara Cek Kuota Internet 3, Panduan Lengkap dan Terbaru 2021}

Melalui Network Cell Info tercatat kecepatan unduh Tri adalah 11 Mbps dan kecepatan unggah 7,2 Mbps. Sedangkan merujuk pada OpenSignal, kecepatan unduhnya sekitar 10,4 Mbps dan kecepatan unggahnya 7,6 Mbps dengan latensi 28 Ms.

Kemudian hasil uji video OpenSignal adalah pemuatan 0,9 detik, tanpa buffering dan pemutaran sangat baik sekitar 95%. Selain itu kami juga melakukan streaming video dan bermain game PUBG Mobile di area publik tersebut.

Hasil uji jaringan Tri di Stasiun Solo Balapan

Hasilnya kami tidak menemukan kendala seperti buffering atau ngelag saat mengakses jaringan dari Tri Indonesia.

Tempat selanjutnya untuk melakukan uji jaringan adalah Stadion Manahan Solo yang berlokasi di Jalan Adi Sucipto No.1, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Stadion Manahan Solo adalah tempat favorit masyarakat Solo untuk olahraga dan berkumpul.

Sebagai tempat olahraga dan area untuk berkumpul, kami pun melakukan uji jaringan di Stadion Manahan Solo menggunakan  aplikasi Speedtest, OpenSignal dan Network Cell Info.

Di Stadion Manahan Solo, hasil uji jaringan menggunakan Speedtest menunjukan bahwa kecepatan unduh Tri adalah 48,8 Mbps dan kecepatan unggah 21,3 Mbps. Lalu menggunakan Network Cell Info kecepatan unduh sekitar 28,5 Mbps dan kecepatan unggau 26,8 Mbps.

Di area olahraga ini hasil jaringan menggunakan OpenSignal menunjukan bahwa kecepatan internet untuk proses pengunduhan mencapai 40,6 Mbps, kecepatan pengunggahan 15,1 Mbps dengan latensi 26 ms. Hasil uji video yaitu pemuatan 0,6 detik, tanpa buffering dan pemutaran sangat baik sekitar 96%.

Hasil uji jaringan Tri di Stadion Manahan Solo

Uji Jaringan Tri Indonesia di Kota Yogyakarta 

Stasiun Tugu Yogyakarta

Kota terakhir adalah Yogyakarta. Kota Yogyakarta memiliki luas wilayah 46 km² dengan jumlah populasi mencapai 427.498 jiwa jika merujuk pada data BPS tahun 2019. Kota Yogyakarta adalah kota padat khususnya saat akhir pekan.

Baik warga asli Yogyakarta ataupun warga yang tinggal di lokasi sekitar Yogya seperti Sleman, Bantul dan Magelang sering mengunjungi kota tersebut untuk berbelanja atau mengunjungi tempat wisata.

Yogyakarta memiliki beberapa titik POI seperti Jalan Malioboro, Keraton Yogyakarta, Kampung Wisata Taman Sari, Monumen Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Pasar Bringharjo dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak POI di Yogya kami memilih Jalan Malioboro dan Stasiun Tugu.

Jalan Malioboro dipilih karena menjadi tempat masyarakat untuk berbelanja atau menikmati suasana kota. Jalan Malioboro memiliki panjang 2 km dan sepanjan jalan terdapat banyak toko batik serta makanan khas Yogyakarta.

Di Malioboro kami melakukan uji jaringan Tri Indonesia menggunakan aplikasi Speedtest, OpenSignal dan Network Cell Info. Hasil uji jaringan menggunakan Speedtest adalah kecepetan unduh Tri adalah 20,2 Mbps dan kecepatan unggahnya 3 Mbps.

Sedangkan hasil lebih besar ditunjukan oleh Network Cell Info dimana kecepatan unduh Tri sekitar 12,4 Mbps dan kecepatan unggahnya mencapai 23,1 Mbps. Hasil yang tidak jauh berbeda juga ditunjukan oleh aplikasi OpenSignal.

Menurut uji jaringan dari aplikasi ini kecepatan unduh Tri mencapai 48,9 Mbps dengan kecepatan unggah 4,78 Mbps dan latensi 38 ms. Mengenai uji video kecepatan pemuatannya adalah 1,7 detik, tanpa buffering dengan kualitas pemutaran sangat baik.

Hasil uji jaringan di Jalan Malioboro

Tempat selanjutnya adalah Stasiun Tugu Yogyakarta yang terletak di di Jalan Ps. Kembang No. 77, Kelurahan Sosromeduran, Kecamatan Gedongtengen, Kota Yogyakarta.

Stasiun ini merupakan stasiun yang cukup padat karena tempat pemberhentian KRL Yogya-Solo dan kereta api jarak jauh. Selain itu kawasan stasiun juga dekat dengan berbagai lokasi wisata seperti Taman Pintar Yogyakarta,  Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dan lain sebagainya.

Ketika berada di Stasiun Tugu kami pun melakukan uji jaringan Tri Indonesia menggunakan aplikasi Speedtest, OpenSignal dan Network Cell Info. Hasil uji jaringan menggunakan Speedtest adalah kecepatan unduh Tri mencapai 13 Mbps dan kecepatan unggahnya 13,1 Mbps.

Lebih lanjut berdasarkan hasil Network Cell Info kecepatan unduh Tri sekitar 7,9 Mbps dan kecepatan unggahnya 11,2 Mbps. Hasil tidak jauh berbeda ditunjukan OpenSignal dimana kecepatan unduh mencapai 10,3 Mbps, kecepatan unggah 7,54 Mbps dan latensi 47 ms.

Adapun mengenai uji video kecepatan pemuatan Tri sekitar 0,7 detik, tanpa buffering dan kualitas pemutaran sangat baik sekitar 96%. Hasil ini sesuai dengan hasil uji jaringan dengan cara bermain game PUBG Mobile dan streaming video.

Hasil uji jaringan di Stasiun Tugu Yogyakarta

Saat bermain PUBG Mobile dan streaming video di YouTube menggunakan jaringan Tri, kami bisa melakukan kedua aktivitas tersebut dengan maksimal.

Kesimpulan

Berdasarkan uji jaringan Tri di Pulau Jawa yang kami lakukan, Tri mampu menghadirkan jaringan internet 4.5G Pro kepada pelanggan mereka dengan baik. Tri Indonesia mampu memberikan pengalaman internet terbaik kepada pelanggan di banyak kota khusus di Pulau Jawa mulai dari Cirebon hingga Yogyakarta.

Jaringan 4.5G Pro dari Tri juga memudahkan pelanggan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti mengakses internet, update di media sosial, streaming video, bermain mobile game dan masih banyak lagi.

{Baca juga: Cara Registrasi Kartu Tri Lewat SMS dan Online 2021}

Jaringan Tri di Pulau Jawa juga tidak hanya berfokus kepada pelanggan di kawasan perkotaan saja. Jaringan 4.5G Pro juga hadir di jalur tol sehingga membantu pelanggan saat melakukan navigasi atau menikmati konten hiburan di YouTube atau aplikasi lainnya.

Kesimpulannya, Tri Indonesia bisa menjadi pilihan utama bagi Anda yang ingin mendapatkan jaringan 4.5G Pro yang stabil untuk aktivitas sehari-hari. Jangkauannya juga sudah mencakup lebih dari 37,000 desa dengan 40 juta pelanggan. (ADV)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Exit mobile version