Trafik 5G Indosat Melonjak 123% Selama KTT G20 di Bali

Telset.id, Jakarta – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 di Bali telah selesai digelar. Dalam KTT G20 yang berlangsung pada 15-16 November 2022 itu Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), mengalami peningkatan trafik untuk layanan 5G yang mereka gelar.

Seperti diketahui bahwa Indosat menggelar jaringan 5G dan menjaga kualitas 4G dalam acara KTT G20, di beberapa titik seperti sepanjang jalan sekitar Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai hingga ke kawasan Nusa Dua, Bali.

Berikutnya di Hotel The Apurva Kempinski, Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Media Center di Bali International Convention Centre (BICC), dan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Ngurah Rai.

Khusus untuk jaringan 5G, implementasi 5G Indosat dilakukan di spektrum frekuensi 3.5 GHz dan 26 GHz yang dilakukan bersama Kominfo.

Selain itu  IOH juga membangun Digital Command Center yang berlokasi di Kantor IOH di Bypass Ngurah Rai, Bali. Tujuannya untuk memantau kondisi jaringan telekomunikasi IOH serta mendeteksi potensi gangguan secara cepat di sites agar dapat segera diatasi.

BACA JUGA:

Di Digital Command Center inilah, IOH memonitor dan memastikan terjaganya kualitas sinyal serta layanan telekomunikasinya bagi seluruh pelanggan IM3, Tri, dan Travel-On, kartu yang khusus dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan para delegasi negara G20 dan turis mancanegara.

“Di Command Digital Center IOH terdapat sistem monitor untuk memantau trafik data, throughput, jumlah pengguna, kondisi BTS, sampai kualitas layanan aplikasi favorit pelanggan baik di jaringan 5G dan 4G selama rangkaian puncak KTT G20,” kata Chief Technology Officer IOH, Desmond Cheung.

Melalui Command Digital Center IOH, dipantau pula parameter terkait kinerja jaringan, trafik data, jumlah pengguna, ketersediaan jaringan, hingga pergerakan personil operasional di lapangan.

Hasilnya Indosat Ooredoo Hutchison berhasil menjaga kualitas jaringan dan layanan terbaiknya dalam puncak rangkaian acara KTT G20 di Bali baik di jaringan 5G maupun 4G.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Jumat (18/11/2022), Indosat mencatatkan lonjakan trafik 5G rata-rata sebesar 123%, sedangkan trafik 4G turut mengalami kenaikan rata-rata sebesar 22% dibandingkan hari biasa.

Kemudian tercatat pula rata-rata kecepatan mengunduh dan menggunggah data, yang tercatat di kisaran 40 sampai dengan 100 Mbps.

BACA JUGA: 

Trafik Jaringan 5G Indosat KTT G20
Kecepatan download dan upload jaringan 5G Indosat

Indosat turut berhasil menjaga ketersediaan jaringan tetap 100% dengan latensi 40 ms untuk memberikan pengalaman terbaik saat pelanggan melakukan streaming video, berbagi pesan, foto, dan video melalui aplikasi messaging, serta melakukan posting di media sosial.

“Ada peningkatan trafik data yang signifikan seiring berlangsungnya KTT G20. Kualitas jaringan juga kami pantau ketat selama 24 jam penuh untuk memastikan IOH bisa memberikan marvelous experience bagi pelanggannya,” sambung Desmond. 

BACA JUGA:

Terakhir, Desmond mengatakan kalau semua dukungan jaringan 5G Indosat di ajang KTT G20 adalah komitmen perusahaan untuk mendukung Pemerintah Indonesia

“Digital Command Center IOH adalah salah satu wujud komitmen kami untuk mendukung Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20, juga bentuk kolaborasi yang kuat dengan mitra strategis kami,” tutupnya. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0