Bukan Samsung, Tesla Pilih TSMC untuk Chip Fabrikasi 4nm

Telset.id, Jakarta – Tesla dikabarkan telah mencapai kesepakatan besar dengan TSMC untuk menggunakan chip dengan teknologi fabrikasi 4nm milik perusahaan tersebut.

Menurut DigiTimes Asia, kesepakatan antara Tesla dengan TSMC mengenai chip dengan teknologi 4nm tersebut, membuat Tesla mengisi salah satu posisi dari 7 klien terbesar dari TSMC.

Laporan lainnya mengabarkan pabrik TSMC yang berlokasi Arizona, Amerika Serikat akan menjadi satu-satunya yang memproduksi chip dengan teknologi fabrikasi 4nm, dan produksinya akan dimulai pada tahun 2024 mendatang.

Pabrik tersebut telah diselesaikan perusahaan pada tahun lalu dan telah mempekerjakan sekitar 250 orang Amerika untuk bekerja di fasilitas tersebut.

BACA JUGA:

Chip dari TSMC itu akan digunakan untuk perangkat keras self-driving buatan Tesla dan akan mulai diproduksi pada tahun 2024.

Sementara itu, Pabrik di Arizona, AS juga diharapkan akan memproduksi chip dengan teknologi fabrikasi 3nm pada tahun 2026. Selain Tesla, TSMC juga akan memasok chip untuk Apple.

Setelah selesai memproduksi chip tersebut, Pemimpin TSMC Mark Liu mengungkapkan bahwa fasilitas Arizona akan menghasilkan pendapatan sekitar USD10 miliar bagi TSMC.

Di sisi lain, analis industri percaya bahwa keputusan dari Tesla akan menjadi pukulan besar bagi Samsung. Selain itu, diprediksikan bahwa kesepakatan terbaru antara Tesla dan TSMC akan berdampak pada keuntungan Samsung di masa yang akan datang.

BACA JUGA:

Raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut juga baru-baru ini telah kehilangan Qualcomm sebagai klien untuk chipset andalannya.

Namun, Tesla memilih Samsung sebagai pemasok perangkat kamera untuk sistem self-driving Vision buatan Tesla. Meskipun belum dikonfirmasi langsung, ada kabar yang menyatakan bahwa Tesla akan menggunakan kamera Samsung di Cybertruck atau kendaraan listrik lainnya. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0