Tersandung Kasus Skandal Seks, Bos Google X Mundur

Kepala Google X Mengundurkan Diri Setelah Dituduh Melakukan Pelecehan Seksual

Telset.id, Jakarta – Direktur Google X, Rich DeVaul dilaporkan mundur dari jabatannya setelah dituduh melakukan skandal seks. Pimpinan divisi riset perusahaan Google tersebut mengundurkan diri hari Selasa (30/10/2018) waktu setempat.

Menurut informasi yang disebutkan oleh sumber terdekat perusahaan, DeVaul mundur tanpa menerima paket tunjangan dari Google

Kepergian DeVaul mengikuti Andy Rubin yang seminggu sebelumnya dilaporkan dibayar oleh Google sebesar US$ 90 juta atau Rp 1,3 triliun setelah diminta keluar akibat dugaan pelecehan seksual.

Pada laporan yang diterbitkan oleh The New York Times perihal paket tunjangan Rubin, nama DeVaul muncul secara menyolok.

Dalam kasus skandal seks ini, DeVaul disebutkan mengajak teknisi wanita Star Simpson pada wawancara kerja tahun 2013 ke sebuah festival. Perusahaan kemudian dilaporkan menginvestigasi masalah tersebut ketika Simpson mengajukan protes.

Walaupun Google mengaku telah melakukan tindakan yang “layak”, DeVaul masih bekerja di perusahaan. Simpson tidak diterima di Google dan DeVaul meminta maaf karena terdapat kesalahan penilaian.

Dilansir Telset.id dari CNET, skandal tersebut tampaknya mendorong CEO Google Sundar Pichai untuk menerbitkan permohonan maaf atas nama perusahaan yang telah menangani kasus-kasus skandal seks sebelumnya.

Ia juga mengatakan kepada para pegawainya bahwa perusahaan belum cukup serius dan akan berusahaan untuk lebih tegas ke depannya.

Pichai berjanji untuk mendukung pegawai Google yang berencana mogok kerja di hari Kamis sebagai bentuk protes terhadap cara Google menangani kasus pelecehan seksual.

“Saya meminta maaf yang sebesarnya untuk tindakan dan penderitaan yang disebabkan oleh para pegawai,” ujar Pichai lewat e-mail.

“Larry menyebutkan (isu) ini di atas panggung minggu lalu, tapi (hal ini perlu) disebutkan lagi, jika satu orang saja mengalami (tindakan dari) Google seperti apa yang dideskripsikan oleh artikel The New York Times, kami bukanlah perusahaan yang kami impikan,” sambungnya

Hingga saat ini, DeVaul belum memberikan pernyataan resmi terkait kabar perihal pengunduran dirinya dari Google X. (AU/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here