Terjun ke Fintech, PayAccess Gandeng Komunitas Bola

Telset.id, Jakarta – Semakin lajunya transformasi digital di Indonesia, industri financial technologi (Fintech) menjadi salah satu sektor yang ikut mengalami pertumbuhan sangat signifikan. Salah satu pemain Fintech yang kini tengah gencar melakukan edukasi adalah PT Mobile Coin Asia lewat produknya, PayAccess, yang menggandeng komunitas bola.

Menurut Asosiasi Fintech Indonesia, bisnis Fintech di Indonesia telah mengalami peningkatan pertumbuhan hingga mencapai 78%, menjadikan tahun 2015-2016 merupakan tahun pertumbuhan terbaik bagi industri Fintech di Indonesia.

Chief Business Development Officer PayAccess, Rorian Pratyaksa mengatakan, bahwa potensi industri Fintech sangat besar, namun masih banyak tantangan yang harus diselesaikan oleh pelaku Fintech di Indonesia. Salah satu tantangannya adalah karena pelaku industri ini kurang memberikan edukasi tentang manfaat Fintech ke masyarakat.

“Kami percaya Fintech bisa digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Mengenai strategi edukasi, PayAccess melihat potensi yang sangat besar dengan adanya komunitas-komunitas yang ada di kalangan masyarakat,” ujar Rorian dalam keterangan pers, Selasa (14/2/2017).

Ia mengatakan, dengan menggandeng beberapa komunitas yang mayoritas adalah komunitas bola, PayAccess mengajak komunitas tersebut menciptakan sebuah collaborative effort untuk mencoba pengalaman bertransaksi melalui Fintech.

Collaborative effort yang dilakukan berupa kerjasama dengan komunitas menciptakan sebuah aplikasi untuk mendukung kegiatan komunitas tersebut. Beberapa komunitas telah digandeng oleh PayAccess, seperti Arema FC, Persija, Sriwjiaya FC, Persela, Iwan Fals, dan GP Ansor.

Hal ini terbukti efektif dengan total pengguna mencapai ratusan ribu, dalam kurun waktu kurang dari 8 bulan dan dengan tingkat penetrasi yang terus meningkat. Dengan didukung teknologi PayAccess, nantinya pembayaran menggunakan kode QR dapat digunakan oleh pengguna aplikasi serta para UKM, tanpa memerlukan internet atau smartphone.

Sebagai pilot project, PayAccess berkolaborasi dengan komunitas Arema yang memiliki basis suporter mencapai jutaan orang. PayAccess menciptakan sebuah aplikasi bagi para fans tim sepakbola Arema FC yang diberi nama Arema Access.

“Dengan adanya aplikasi tersebut, diharapkan PayAccess dan Arema FC dapat mengajak para Aremania untuk lebih lagi mendukung timnya,” imbuhnya.

Dengan memanfaatkan aplikasi Arema Access, pengguna secara langsung menjadi digital member Arema yang dapat membeli tiket secara online dengan harga khusus dan akses untuk membeli merchandise eksklusif.

Tak hanya itu, dengan menggunakan Arema Access, masyarakat Kota Malang juga dapat membeli pulsa, token listrik, bayar tagihan internet, telepon, TV berlangganan dan membeli voucher game hanya melalui satu aplikasi.

Tidak hanya komunitas supporter bola, PayAccess juga menggandeng pelaku UKM di Malang untuk diberikan edukasi mengenai fintech melalui aplikasi dari PayAccess tersebut. Tujuan utama dari menggandeng UKM adalah untuk menciptakan modern society di kota-kota kabupaten, seperti Kota Malang.

“Ini merupakan salah satu komitmen kami dalam menciptakan sebuah modern society serta mengajarkan para UKM untuk lebih pintar dalam bertransaksi,” pungkas Rorian.

Ia berharap, kedepannya PayAccess dapat menggandeng pelaku UKM yang berada di kota-kota lainnya di Jawa Timur, seperti Lamongan dan Gresik. “Kami akan tetap mengadakan collaborative effort melalui komunitas yang ada di kota-kota tersebut,” tutup Rorian. (MS/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI