telset

Telset Editor’s Choice 2020: Best Operator of The Year

Telset.id – Pandemi Covid-19 tidak membuat para operator seluler di Tanah Air berhenti berinovasi. Persaingan sengit terjadi diantata para operator untuk menjadi tang terbaik. Lantas, siapa yang berhak menjadi Best Operator of The Year di tahun 2020?

Pandemi Covid-19 membuat jaringan internet dibutuhkan untuk kegiatan belajar dan bekerja dari rumah. Hasilnya operator seluler berusaha untuk menghadirkan jaringan internet 4G terbaik supaya pelanggan bisa melaksanakan kegiatan dengan maksimal.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Tim Telset melakukan penailaian terkait layanan dan kinerja perusahaan dari para operator seluler, dan menentukan siapa yang menjadi operator terbaik tahun 2020.

Di Indonesia sendiri ada 5 operator seluler yang beroperasi, dan kelima operator tersebut masuk dalam nomoninasi operator terbaik di 2020, yakni:

  • XL Axiata
  • Telkomsel
  • Hutchison 3 Indonesia
  • Smartfren
  • Indosat Ooredoo

Penilaian dilakukan dari berbagai aspek seperti kualitas jaringan seluler dan data, kinerja pembangunan infrastruktur jaringan, kinerja keuangan serta  inovasi layanan dan pengembangan produk (value added service).

Dengan mengacu pada sejumlah aspek tersebut, tim redaksi akhirnya memutuskan bahwa untuk tahun ini yang berhak menyandang predikat Best Operator of The Year di ajang Telset Editor’s Choice 2020 adalah Telkomsel.

Kenapa Kami Memilih Telkomsel?

BTS 4G Telkomsel Telset Editor’s Choice
Telkomsel mengoperasikan jaringan 4G LTE di  1.083 unit BTS USO bersama BAKTI (Foto: Telkomsel)

Kenapa Telkomsel terpilih sebagai Best Operator of The Year versi Telset? Berdasarkan penilaian tim redaksi, operator terbesar di Indonesia ini tetap mampu menjaga kualitas jaringan seluler dan data di tahun 2020 khususnya di masa pandemi Covid-19.

Di tahun 2020, Telkomsel mengoperasikan jaringan 4G LTE di  1.083 unit BTS Universal Service Obligation (USO) hasil kolaborasi dengan Badan Aksesibilitas dan Informasi (BAKTI) Kominfo dan Telkomsel.

Dengan menebar 4G LTE di 1.083 unit BTS USO, maka Telkomsel berhasil menghadirkan jaringan 4G LTE di wilayah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) di Indonesia. Selain itu Telkomsel juga menghadirkan perangkat Mobile BTS 4G untuk mendukung belajar online.

Telkomsel mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Desa Pasiah Laweh Sumatra Barat dan Desa Woloklibang Nusa Tenggara Timur.

{Baca juga: Telkomsel Sebar Akses 4G di Empat Area, Termasuk “Kelok HP”}

Hingga saat ini Telkomsel telah menggelar infrastruktur jaringan lebih dari 228.000 BTS yang menjangkau lebih dari 95% wilayah populasi di Indonesia, di mana sebagian besar dari total BTS tersebut terkoneksi jaringan 4G LTE.

Kemudian dari segi kinerja perusahaan. Bisnis digital Telkomsel tumbuh 13,5 persen di semester I tahun 2020 atau naik dari Rp 28,1 triliun menjadi Rp 31,9 triliun.

Kemudian laba Telkomsel cenderung stabil pada angka Rp 12, triliun namun pendapatannya sedikit menurun 2,4 persen dari Rp 45,1 triliun menjadi Rp 44 triliun.

Inovasi Telkomsel Selama Pandemi Covid-19

layanan CloudX meeting Telset Editor’s Choice
Aplikasi video conference CloudX Meeting (Foto: Telkomsel)

Selama pandemi, Telkomsel menghadirkan inovasi teknologi untuk menunjang kegiatan pelanggan serta pemerintah dalam penanganan Covid-19. Misalnya, Telkomsel menghadirkan aplikasi video conference bernama CloudX Meeting.

Aplikasi ini dihadirkan Telkomsel untuk mendukung kegiatan pelanggan seperti bekerja dari rumah sehingga karyawan bisa mengadakan rapat virtual dengan maksimal. Telkomsel memberikan harga khusus bebas akses data sebesar 60GB.

Inovasi selanjutnya adalah Telkomsel Orbit. Telkomsel Orbit adalah layanan internet rumahan dalam bentuk modem Wi-Fi.Lewat satu aplikasi pengguna Orbit bisa mengecek kuota serta mengatur perangkat mana saja yang bisa mengakses Wi-Fi Orbit.

{Baca juga: Layanan CloudX Meeting Bebas Biaya dari Telkomsel}

Lalu yang juga menarik adalah menghadirkan layanan Voice Over LTE atau VoLTE. Sesuai namanya layanan ini menghadirkan panggilan telepon dengan menggunakan jaringan 4G LTE.

Layanan ini menghadirkan tiga keunggulan, yakni suara panggilan telepon berkualitas HD, bisa menyambungkan dua pengguna lebih cepat, dan yang terakhir VoLTE memungkinkan pelanggan bebas mengakses internet saat melakukan panggilan telepon.

VoLTE saat ini bisa diakses di Jakarta Depok, Bekasi, Tangerang, Surabaya, Bogor dan Sidoarjo. Masih banyak lagi inovasi yang dikembangkan Telkomsel di tahun yang sangat sulit bagi kita semua akibat pandemi Covid-19.

Well, selamat untuk Telkomsel yang terpilih sebagai menjadi Best Operator of The Year, dan semoga dapat mempertahankan tren positif di tahun 2021 mendatang. Selamat, Telkomsel! [Tim Redaksi]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0