Telset.id, Jakarta – Telkomsel memprediksi kenaikan trafik data di momen Natal dan Tahun Baru (NARU) sebesar dua digit atau 49,30%. Telkomsel melakukan berbagai untuk menghadapi peningkatan trafik tersebut.
Melalui konferensi pers virtual pada Senin (14/12/2020) VP Network Infrastructure & Security Operation Telkomsel, Rahmat Novalianto menjelaskan bahwa pada NARU 2020 terjadi kenaikan trafik data sebesar 49,30% dibandingkan NARU 2019 lalu.
“Dibandingkan NARU 2019 lalu diprediksi akan terjadi kenaikan trafik sebesar 49,30%. Sedangkan dibandingkan hari biasa, kenaikan diprediksi mencapai 10,19%,” kata Noval.
Selanjutnya Noval menjelaskan bahwa kenaikan trafik data di NARU 2020 diikuti juga oleh kenaikan trafik untuk setiap aplikasi layanan. Misalnya untuk layanan komunikasi terjadi peningkatan trafik sebesar 22,5% dan games meningkat 18,65%.
{Baca juga: Telkomsel Rilis Game RPG Three Kingdoms: Quest of Infinity}
“Untuk layanan komunikasi peningkatannya 22,5% dan trafik games diprediksi naik 18,65%,” tutur Noval.
Lalu trafik untuk layanan website, e-commerce dan video streaming juga mengalami peningkatan dengan masing-masing 14,21%, 13,17% dan 12,47%.
Begitu juga peningkatan terjadi di layanan SocialNet dan Media dengan persentase kenaikan trafik 7,32% dan 5,15%.
“Website seperti Google itu naik 14,21%, lalu e-commerce naik 13,17% dan video naik 12,47%,” tambah Noval.
Kenaikan trafik juga terjadi untuk layanan SMS sebesar 0,8% dibandingkan NARU 2019 atau 4,89% dibandingkan hari biasa di tahun 2020.
Sedangkan layanan panggilan suara atau voice diprediksi turun 12,1% dibandingkan Naru 2019 atau meningkat 2,76% dibanding hari biasa.
“Voice cenderung turun tapi sms masih ada kenaikan karena sms adalah pesan singkat yang bisa dibaca langsung,” sambungnya.
Telegram dan TikTok Tertinggi
Telkomsel juga memprediksi secara spesifik aplikasi mana saja yang akan mengalami peningkatan trafik di momen Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021. Hasilnya Telegram dan TikTok mengalami peningkatan trafik yang tertinggi yaitu 33,96% dan 29,91%.
“Trafik aplikasi yang sering digunakan pelanggan yakni Telegram dan TikTok akan naik 33,96% dan 29,91%,” jelas Noval.
Kemudian kenaikan trafik juga terjadi untuk aplikasi game, video conference serta pesan singkat seperti Mobile Legends, Zoom dan juga WhatsApp. Menurut Noval pada Naru 2020 kenaikan trafik pada ketiga aplikasi tersebut diatas 10%.
“Mobile Legends, video conference seperti Zoom dan WhatsApp akan mengalami kenaikan trafik pada NARU 2020 sebesar 21,76% lalu 19,94% dan 16,41%,” ucapnya.
Sedangkan aplikasi Instagram, Facebook, Twitter dan YouTube diprediksi alami kenaikan trafik sebesar 14,92%, 6%, 4,3% dan 3%.
Kesiapan Telkomsel Hadapi Naru 2020
Telkomsel mempersiapkan jaringan untuk menghadapi Naru 2020. Sepanjang tahun 2020, Telkomsel telah menambah 587 BTS 4G dan meningkatkan 246 BTS menjadi BTS 4G untuk menjaga jaringan di Naru 2020.
“Kami menambah 587 BTS 4G baru dan upgrade 246 BTS 4G serta menyiapkan 69 compact Mobile BTS. Internet capacity juga diupgdare menjadi 6,8 ribu Gbps,” terang Noval.
Momen NARU 2020 dinilai berbeda dengan momen Naru sebelumnya karena pandemi Covid-19.
Untuk itu Telkomsel telah menyusun fokus titik strategis atau point of interest (POI) di 550 titik dimana titik yang terbanyak berada di kawasan residential atau pemukiman dengan 304 titik.
Adanya POI yang banyak di area pemukiman bukan tanpa sebab. Pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan dipotongnya cuti akhir tahun membuat kegiatan pelanggan akan banyak dilakukan di rumah selama Naru 2020.
“Hampir semua pelanggan ada di rumah untuk menjaga agar kondisi sehat dan tidak tertular penyakit,” sambung Noval.
Sedangkan untuk titik POI lainnya berada di area spesial sebanyak 164 titik, bandara dan pelabuhan sebanyak 34 titik, rumah sakit rujukan Covid-19 sebanyak 23 titik, area transportasi jalur logistik 15 titik dan tempat ibadah 10 titik.
Telkomsel juga akan menyiapkan 59 posko virtual e-Naru, 1350 karyawan Telkomsel dan 767 personil di 35 mitra strategis untuk memantau dan menjaga kualitas jaringan Telkomsel selama Naru 2020.
{Baca juga: Telkomsel Raih Penghargaan di 2020 Cloudera Data Impact Awards}
Pada kesempatan tersebut Direktur Network Telkomsel Hendri Mulya Syam menjelaskan bahwa semua upaya yang dilakukan Telkomsel adalah bentuk komitmen perusahaan dalam memberikan layanan terbaik selama NARU 2020 untuk pelanggan.
“Upaya penguatan, penambahan dan pengamanan akses jaringan telah dilakukan secara rutin dan menjadi langkah kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan terutama menjelang momen hari Natal dan Tahun Baru,” kata Hendri. [NM/HBS]