Telset.id,Jakarta – Telkomsel memberikan kemudahan bagi pelanggan di Majene dan Mamuju yang terdampak gempa bumi. Caranya dengan menghadirkan paket khusus yang memberikan akses bebas telepon dan SMS.
Berdasarkan keterangan resmi pada Minggu (17/01/2021), untuk pelanggan di Majene dan Mamuju, Telkomsel menghadirkan paket untuk akses bebas telepon dan SMS ke semua operator dengan durasi telepon 50 menit dan 250 SMS untuk pengguna prabayar.
Kemudian ada juga paket bebas telepon 100 menit ke sesama Telkomsel bagi pengguna pascabayar dengan masa aktif selama 7 hari sejak aktivasi.
Paket tersebut dapat diaktifkan melalui akses UMB *888*20# atau mengirimkan SMS dengan mengetik “SULBAR” untuk pengguna prabayar atau “SULBARKH” untuk pengguna pascabayar.
{Baca juga: Gempa Majene dan Mamuju, Telkomsel Pastikan Layanan Tetap Stabil}
Selanjutnya pelanggan bisa mengirim SMS tersebut ke nomor 8999, dengan periode aktivasi paket mulai dari tanggal 16 Januari hingga 31 Januari 2021.
Menurut Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin aktivasi paket bebas telepon dan SMS yang telah dihadirkan Telkomsel dapat dilakukan lebih dari satu kali selama masa aktif paket masih berlaku.
“Jika masa aktif paket sudah habis, pelanggan tetap dapat mengaktifkan kembali paket tersebut selama masa aktivasi program masih berlaku, yakni hingga 31 Januari 2021,” tulis Denny.
Telkomsel Pulihkan Jaringan di Majene dan Mamuju
Sebagai operator yang memiliki cakupan terluas di Provinsi Sulawesi Barat, Telkomsel tetap mengupayakan dengan maksimal untuk pemulihan seluruh layanan jaringan di wilayah terdampak bencana secara cepat.
Hingga saat ini, masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Majene sudah dapat menikmati layanan Telkomsel secara normal, baik itu layanan data, suara maupun SMS.
Sedangkan di Mamuju layanan telah berangsur pulih seiring dengan percepatan mobilisasi Mobile Backup Power (MBP) atau genset dan pengoperasian tambahan Compact Mobile BTS (COMBAT) di lokasi tersebut.
“Telkomsel terus berupaya mendukung kelancaran komunikasi bagi semua pihak dengan mengoperasikan Mobile Backup Power (MBP) atau genset ke BTS di lokasi terdampak yang membutuhkan pendukung catuan daya listrik,” jelas Denny.
Selain mendorong percepatan pemulihan jaringan telekomunikasi dan menghadirkan layanan bebas telepon dan SMS Telkomsel juga akan segera menyalurkan bantuan bantuan logistik.
Bantuan logistik yang diberikan Telkomsel antara lain makanan siap konsumsi, air mineral, obat-obatan, pakaian layak pakai, handuk, selimut dan membuka posko darurat selama 7 sampai 10 hari ke depan.
{Baca juga: Telkomsel Dukung Evakuasi Penyelamatan Sriwijaya Air SJ182}
“Kami akan terus berupaya melakukan pemulihan jaringan telekomunikasi dan memprioritaskan titik-titik vital seperti kantor pemerintahan, kepolisian, posko pengungsian, rumah Sakit dan posko Basarnas,” kata Denny.
“Selain itu kami tengah mengirimkan tim unit siaga bencana yang bekerjasama dengan BNPB yang bernama tim Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity (TERRA) untuk membantu mendirikan posko darurat bagi para korban bencana,” sambungnya.
Berbagai upaya yang dilakukan Telkomsel bertujuan untuk memberikan pelayanan maksimal bagi pelanggan di Majene dan Mamuju. Selain itu upaya ini juga dilakukan untuk membantu kelancaran proses evakuasi dan pemulihan pasca gempa. [NM/IF]