Siap Gelar 5G, Telkomsel Perluas Cakupan VoLTE Hingga 230 Kota

Telset.id, Jakarta – Telkomsel siap menggelar layanan 5G di Indonesia sebentar lagi. Salah satu persiapan yang dilakukan operator plat merah ini adalah memperluas cakupan layanan VoLTE atau Voice over Long Term Evolution.

Setidaknya, ada 48 kabupaten/kota di Indonesia yang akan menikmati layanan VoLTE dari Telkomsel. Targetnya, perluasan tersebut akan selesai pada akhir 2021 mendatang. Jika memenuhi target, maka total ada 230 kabupaten/kota yang telah menikmati jaringan VoLTE dari Telkomsel.

Menurut Direktur Network Telkomsel, Nugroho, pengembangan layanan VoLTE merupkaan bagian dari persiapan penyelenggaraan layanan 5G di Indonesia.

Hal ini karena memperluas cakupan VoLTE dapat mempercepat peralihan layanan 2G dan 3G ke 4G/LTE, yang diharapkan dapat mengakselerasi penyelenggaraan layanan 5G di Indonesia.

{Baca juga: Telkomsel Uji Coba 5G di Jakarta dan Tangerang, 8 Kota Menyusul}

Lebih lanjut, teknologi jaringan VoLTE dianggap mampu mematangkan Indonesia untuk mengimplementasikan teknologi 5G yang akan memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

Selain itu, kehadiran 5G membuat pelanggan tidak hanya dapat melakukan panggilan berbasis VoLTE, melainkan juga Voice over New Radio (VoNR).

“Perluasan ketersediaan akses dan pengembangan VoLTE menjadi salah satu perwujudan komitmen kami dalam mengedepankan prinsip customer-centric dengan menghadirkan teknologi jaringan terdepan,” ujar Nugroho.

Di samping perluasan area coverage layanan VoLTE untuk menyambut 5G di Indonesia, Telkomsel turut memperkuat kolaborasi bersama mitra perangkat ponsel pintar yang telah memiliki ragam produk yang mendukung teknologi VoLTE.

Telkomsel telah berkolaborasi dengan Samsung, Huawei, Vivo, Xiaomi, Oppo, Adva,n dan Evercoss. Melalui kolaborasi tersebut total ada lebih dari 50 tipe smartphone yang sudah mendukung layanan VoLTE.

{Baca juga: Telkomsel Maksimalkan Frekuensi 2,3 GHz untuk Jaringan 5G}

“Telkomsel berkomitmen akan selalu mengedepankan inovasi dalam setiap upaya memperluas cakupan layanan VoLTE, agar dapat dinikmati secara lebih merata oleh seluruh masyarakat Indonesia hingga seluruh pelosok negeri,” ucap Nugroho.

Telkomsel Siap Gelar 5G di Indonesia

Telkomsel akan menjadi operator pertama di Indonesia yang menggelar layanan 5G secara komersial. Layanan 5G komersial Telkomsel rencananya akan siap meluncur pada tanggal 27 Mei 2021 mendatang.

Layanan Telkomsel VoLTE 5G Indonesia

Operator ini sudah dinyatakan lolos Uji Layak Operasi (ULO) jaringan 5G yang dilakukan bersama Kementerian Kominfo di beberapa lokasi di Jakarta dan Tangerang.

{Baca juga: Telkomsel Siap Luncurkan Layanan 5G Komersial 27 Mei 2021}

Menurut informasi terbaru yang tim Telset dapatkan, operator ini rencananya akan meluncurkan layanan 5G secara komersial pada pekan depan, tanggal 27 Mei 2021.

“Insya Allah kita siap meluncurkan layanan 5G secara komersial pada 27 Mei 2021,” kata sumber tersebut kepada Telset.id, Kamis (20/5/2021). (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -