Telkomsel Jabotabek Jabar Jadi Lumbung Pelanggan Data

Telset.id, Batam – Wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Jawa Barat, masih menjadi lumbung bagi Telkomsel dalam menggaet pelanggan. Saat ini di wilayah Jabotabek Jabar tercatat ada 37,6 juta pelanggan Telkomsel, atau menguasai sekitar 33 persen pangsa pasar Telkomsel.

Saat ini total jumlah pelanggan Telkomsel sekitar 164 juta, dimana kontribusi terbesar berasal dari wilayah Jabodetabek. Pangsa pasar Telkomsel untuk wilayah Jabotabek saja sekitar 31 persen, sedangkan di Jawa Barat pangsa pasarnya sekitar 36 persen.

Supervisor Corporate Communications & Integration Area Jabotabek & Jabar, Singue Kilatmaka mengungkapkan, bahwa dari 37,6 juta pelanggan Telkomsel di kawasan tersebut, sekitar 63 persen berasal dari kawasan Jabotabek. Dan sekitar 95 persennya adalah pengguna kartu prabayar.

“Persaingan di area Jabotabek-Jabar paling sengit, karena semua operator mengerahkan kekuatan terbaiknya di area ini,” jelas Singue Kilatmaka di acara Media Gathering Telkomsel di Batam, Jumat (18/11/2016) lalu.

Ia mengungkapkan, hampir 20 juta pelanggan data dengan kontribusi pendapatan untuk area ini (Jabotabek Jabar) sekitar 36 persen. “Dari 37 ribu BTS di seluruh Indonesia, sekitar 37 persen sudah melayani 4G,” ujarnya.

Supervisor Corporate Communications & Integration Area Jabotabek & Jabar, Singue Kilatmaka (bayu/telset.id)
Supervisor Corporate Communications & Integration Area Jabotabek & Jabar, Singue Kilatmaka (Telset.id/Bayu Sadewo)

Singue menambahkan, sudah ada sekitar 34 kota di Jabotabek-Jabar yang dilayani 4G. Dari jumlah tersebut, sekitar 35 persen berada di wilayah Jawa Barat.

“Ada sekitar 1,5 juta migrasi ke kartu 4G Telkomsel sejak Januari 2016. Sekitar  70 persen di antaranya melakukan migrasi melalui channel layanan pelanggan GraPARI Telkomsel. Total penggunanya di kedua area ini, sekitar 3,7 juta pelanggan. Pertumbuhan tertinggi ada di Jawa Barat,” ujar Singue.

Menurutnya, selain memperkuat infrastruktur jaringan, Telkomsel Area Jabotabek-Jabar juga terus mendorong pemanfaatan jaringan broadband untuk layanan digital. Telkomsel mencatat peningkatan yang cukup signifikan terhadap sejumlah layanan digital sejak kurun waktu awal tahun ini.

“Transaksi layanan digital penunjang gaya hidup meningkat sekitar 87 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, seperti transaksi layanan streaming music, salah satunya LangitMusik, yang meningkat hingga 456 persen,” terang Singue.

Adopsi layanan gaya hidup digital wilayah operasional Telkomsel Area Jabotabek Jabar, tambah Singue, juga terlihat dari peningkatan transaksi pemanfaatan layanan digital mobile payment TCash yang tumbuh hingga 56 persen. Saat ini total pengguna layanan TCash telah mencapai lebih dari 268 ribu pelanggan.

Potensi berkembangnya layanan digital Telkomsel juga semakin bertambah melalui  pertumbuhan sekitar 242 persen transaksi layanan #JajanOnline yang menyediakan alternatif metode pembayaran digital dengan sistem potong pulsa untuk pembelian beragam item aplikasi online yang tersedia di Google PlayStore.

“Peningkatan transaksi sejumlah layanan telekomunikasi berbasis digital di Telkomsel rata-rata di atas 30 persen,” pungkas Singue.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI