Telkomsel-BTPN Uji Coba Penyaluran Bantuan Nontunai via TCash

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, Bogor  – Telkomsel dan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) bersama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melakukan uji coba penyaluran bantuan sosial nontunai pemerintah melalui layanan TCash Ekstra – BTPN Wow!

Uji coba penyaluran bantuan sosial nontunai pemerintah merupakan bentuk dukungan Telkomsel dan BTPN kepada pemerintah dalam percepatan keuangan inklusif (financial inclusion) dan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) melalui teknologi informasi.

Uji coba dilakukan di Kelurahan Karanggan dan Kelurahan Telanjung Udik, Bogor (Jawa Barat), Kelurahan Kp. Baru dan Kelurahan Gajahan, Surakarta (Jawa Tengah), Kelurahan Kp. Rambutan dan Kelurahan Kelapa Dua Wetan (Jakarta Timur), serta Kelurahan Matsum II dan Kelurahan Matsum IV, Medan (Sumatera Utara).

“Kami mendapat respon yang baik dalam pelaksanaan uji coba ini. Sebanyak 98% penerima manfaat berpartisipasi dalam pencairan bantuan sosial tahap pertama,” kata Vice President MFS Operations Telkomsel Rudy Hamdani.

Rudy mengungkapkan, sebagian besar penerima manfaat merasa mekanisme yang ditawarkan TCash Ekstra – BTPN Wow!  lebih mudah, cepat, dan bisa dicairkan kapan saja. Selain itu, jenis pangan dapat dipilih sehingga penerima manfaat bisa mendapatkan pangan dengan kualitas lebih baik.

Sebanyak 34 agen BTPN Wow! yang juga merupakan merchant TCash telah ditunjuk untuk dapat melayani pencairan dana ke lebih dari 1.500 penerima manfaat. Hal ini merupakan bagian dari persiapan implementasi penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah tahun 2017 kepada 15 juta penerima manfaat.

Dalam uji coba yang dilakukan, Telkomsel dan BTPN bersama dengan TNP2K akan memanfaatkan rekening BTPN Wow! sebagai saluran bagi para penerima manfaat untuk mendapatkan bantuan sosial yang dikirimkan secara non-tunai.

[Baca juga: Gandeng BTPN, Telkomsel TCash Masuk Desa]

BTPN Wow! adalah sebuah layanan perbankan yang dapat diakses melalui berbagai tipe ponsel dan didukung jasa agen untuk meningkatkan jangkauan bank ke masyarakat di pelosok.

“Apa yang kami lakukan di sini sejalan dengan komitmen BTPN untuk mengambil peran penting dalam mewujudkan keuangan yang inklusif di Indonesia,” kata Product and Customer Experience Head BTPN Wow! Achmad Nusjirwan Sugondo.

Sementara itu, TCash merupakan saluran untuk dapat melakukan pencairan dana bantuan pangan, karena akan memudahkan bertransaksi. Transaksi TCash juga aman, karena menggunakan PIN enam digit untuk memproteksi transaksi mereka.

“Penerima manfaat juga dapat secara langsung mengetahui informasi terkait bantuan sosial dari ponselnya, seperti notifikasi distribusi bantuan sosial, jumlah dana bantuan, dan histori transaksi,” jelas Rudy.

Rudy menambahkan, layanan penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah melalui layanan TCash Ekstra – BTPN Wow! meningkatkan efektifitas distribusi dana bantuan menjadi lebih tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat administrasi, mengurangi risiko kebocoran, dan dapat dilakukan kapan saja secara non-tunai.

[Baca juga: TCash Dukung Gerakan Nasional Nontunai]

Proses pengambilan berupa uang atau barang dapat dilakukan dengan mudah di warung merchant TCash maupun agen BTPN Wow! yang tersebar luas di lingkungan penerima dana bantuan.[HBS]

 

ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI