Telkom Sokong Fasilitas TIK di Peparnas XV

Telset.id, Bandung – Setelah sukses menjadi Official ICT Partner PON XIX Jabar, PT Telkom kembali mendukung perhelatan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV 2016. Sebagai official partner, Telkom meningkatkan layanan teknologi informasi komunikasi (TIK) dalam ajang yang digelar pada 15-24 Oktober 2016 ini.

Amanuddin, Ketua Satuan Tugas PON XIX Peparnas XV PT Telkom mengatakan, pihaknya secara keseluruhan menyiapkan alokasi bandwith yang sama dengan PON XIX lalu, yakni pada kisaran 35 Gigabyte sekalipun skala kegiatan tak sebesar PON.

“Sebab ini hajatan nasional, apalagi Telkom selain official partner kegiatan, juga tetangga Pemprov Jabar yang kantornya (Gedung Sate, red) di depan kantor kami. Kami berkomitmen berikan layanan maksimal, bahkan lebih, selama Peparnas 2016,” kata Amanuddin dalam Media Gathering Peparnas di Bandung, akhir pekan lalu.

Ada sejumlah layanan diberikan Telkom. Pertama, layanan inti TIK disiapkan pada enam titik. Yakni Media Center Utama/MCU yang berlokasi di Hotel Ibis Jl Gatot Subroto, Command Center (Trans Luxury Hotel), Sekretariat Peparanas (Gedung Sate), Data Center (Diskominfo Jabar), Sub PB PON (Jl Wastukencana), dan Management Room MCU (Hotel Ibis).

MCU akan diberikan perhatian lebih karena fasilitas layanan yang menggenapinya, antara lain Pojok Media di 13 arena pertandingan, serta outdoor area sebagai area bersantai bagi para jurnalis yang berlokasi di samping MCU.

Selain enam lokasi tadi, sejumlah titik yang ditingkatkan layanannya adalah akses di venue atau arena pertandingan. Dari biasanya alokasi bandwith 10 Mbps dinaikkan menjadi 20 Mbps agar publik dan media makin lancar mengakses Internet di 13 arena pertandingan yang tersebar di Kota Bandung.

“Selain lokasi inti dan venue, kami memberi perhatian khusus di lokasi pembukaan dan penutupan Peparnas yakni Stadion Siliwangi. Sudah kami pasang 14 repeater (penguat WiFi), yang juga akan dilengkapi menara telekomunikasi compact dari anak perusahan kami, PT Telkomsel,” jelasnya.

Sementara untuk jalur transportasi kedatangan dan kepulangan, Telkom melakukan penguatan di tiga titik utama yakni Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Stasiun Kereta Api Kota Bandung, dan Bandara Internasional Soekarno Hatta tepatnya di Terminal 3 tempat transit jamaah haji.

Demikian pula dengan penguatan fasilitas telekomunikasi Telkom Group pada 13 hotel berbintang di Kota Bandung yang dijadikan tempat menginap dari 1.983 atlet dan 718 offisial, maupun 3.437 orang panitia pelaksana.  Hotel tersebut antara lain Hotel Ibis, Hotel Horison, Hotel Grand Preanger, Hotel Grand Tjokro, Hotel New Sany Rosa, dll.

Melalui PT PINS, anak perusahaan PT Telkom, operator ‘pelat merah’ ini juga menyiapkan sejumlah perangkat keras bagi kelancaraan event. Antara lain komputer sekitar 200 unit, CCTV, printer, ip phone, dan LCD yang dilengkapi dengan akses wifi.id yang didukung lebih dari 500 access point.

Sementara Telkomsel Area Jawa Barat menyiapkan sedikitnya 300 BTS/Base Transciever Station (2G, 3G & 4G) untuk menangani seluruh arene pertandingan. Di dalamnya sudah termasuk BTS baru dan mobile BTS (COMBAT). [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI