TCash Siap Layani Pembayaran Commuter Line dan Transjakarta

Telset.id, Jakarta – Layanan e-wallet milik Telkomsel, TCash sedang bersiap untuk bisa melayani pembayaran untuk beberapa sarana transportasi massal di Jabodetabek, yakni KRL Commuterline, Transjakarta, sampai Light Rail Transit (LRT).

Diungkapkan CEO TCash, Danu Wicaksana, saat ini pihaknya tengah melakukan pembicaraan dengan pihak-pihak terkait untuk memuluskan rencana tersebut.

“Kita sedang melakukan diskusi dengan Transjakarta. Untuk KCI (Kereta Commuterline Indonesia) juga kita sedang lakukan diskusi,” ucap Danu, ketika ditemui usai acara kerjasama antara Blue Bird dan TCash, di Jakarta, Kamis (02/08/2018).

Menurut Danu, nantinya model pembayaran untuk moda transportasi massal tersebut akan menggunakan metode QR Code. Karenanya, dibutuhkan juga perubahan infrastruktur yang mendukung rencana mereka.

Baca juga: Siap-siap! QR Nasional Segera Dirilis, Seperti Apa?

“Nanti kira-kira gerbangnya seperti apa. Karena sekarang kan harus nge-tap,” katanya.

“Kita bilangnya QR Scanner. Jadi kebayang nanti saat masuk KRL misalnya, buka handphone, kemudian tunjukkan QR dan langsung masuk,” sambung Danu.

Ia juga menyatakan bahwa pembayaran moda transportasi ini tidak akan menggunakan PIN atau passcode. Oleh karena itu, pihaknya perlu izin dari Bank Indonesia (BI) untuk bisa memungkinkan pelanggan bertransaksi tanpa menggunakan PIN.

Baca juga: Bayar Taksi Pakai TCash Bisa “Ngutang”

“Kita sebutnya sebagai micro payment. Jadi ketika pembayaran di bawah Rp 10 ribu, tidak perlu PIN. Misalkan biayanya hanya Rp 3.500 saja. Tapi tetap, transaksi di atas Rp 10 ribu tetap butuh PIN demi keamanan,” ujarnya.

Walaupun demikian, ia belum bisa memastikan kapan layanan TCash benar-benar dapat digunakan untuk moda transportasi massal tersebut. Namun, ia berharap tahun ini sudah bisa diimplementasikan dan siap digunakan oleh para pengguna TCash.

Baca juga: Kini, Bayar Taksi Cukup Pakai TCash

“Kita berharap tahun ini sudah bisa jalan. Nanti tuh ada KCI, Transjakarta, dan juga LRT. LRT juga diharapkan setelah Asian Games kita sudah bisa jalan,” pungkas Danu.

Seperti diketahui sebelumnya, TCash telah resmi menjadi salah satu opsi pembayaran untuk taksi Blue Bird. Nantinya, pelanggan Blue Bird yang memesan taksi lewat aplikasi My Blue Bird bisa menggunakan Tcash sebagai opsi pembayaran cash-less. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI