Taksi Terbang Buatan Airbus Siap Uji Terbang

Telset.id, Jakarta – Setelah sebelumnya Uber mengumumkan kerja sama dengan NASA untuk membuat taksi terbang, kini giliran Airbus melakukan hal yang sama. Perusahaan pembuat pesawat terbang ini bahkan sudah memamerkan taksi terbang buatan mereka.

Produsen pesawat komersial yang berbasis di Toulouse, Perancis ini sedang mengembangkan taksi terbang dalam project bernama Vahana. Belum lama ini, Airbus merilis foto yang memperlihatkan taksi terbang buatannya. Foto tersebut menunjukkan bahwa mereka telah selesai membangun kendaraan revolusioner tersebut.

[Baca juga: Serius Kembangkan Taksi Terbang Uber Gandeng NASA]

Meskipun masih dalam bentuk prototype, namun seluruh komponen yang ada di dalam Vahana sudah dapat dihidupkan tanpa kendala. Bahkan seperti dikabarkan oleh Ubergizmo, Airbus siap untuk melakukan tes terbang paling lambat pada akhir 2017 ini, di markas baru mereka yang terletak di Oregon, Amerika.

Yang unik, Vahana dapat melakukan manuver lepas landas dan mendarat secara vertikal. Hal ini dimungkinkan dengan bantuan dua multirotor VTO yang digerakkan menggunaan sebuah mesin listrik.

Sedangkan untuk pilihan navigasi, mobil terbang otonomus ini menggunakan sistem kendali milik Airbus. Tidak seperti Uber yang menggunakan sistem penerbangan milik NASA.

[Baca juga: Dibandrol Rp 500 ribuan, Tiket Peluncuran OnePlus 5T Ludes Terjual]

Pengerjaan taksi terbang ini terhitung sangat cepat, karena proyek Vahana ini baru saja dicetuskan oleh Airbus melalui anak perusahaan mereka di Silicon Valley pada tahun 2016 lalu.

Untuk tanggal peluncurannya sendiri, Airbus menargetkan Vahana akan mulai mengudara secara komersial pada tahun 2020 mendatang. Well, tak lama lagi warga dunia akan bisa melihat dan bisa naik taksi terbang. [NC/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here