Tahun 2020, Indonesia Sudah Bisa Nikmati 5G

Foto: Faisal/Telset.id

Telset.id, Jakarta – Terhitung baru dua tahun lebih Indonesia merasakan teknologi 4G LTE. Meski begitu, teknologi 5G yang jauh lebih cepat akan segera diimplementasikan di Tanah Air. Sejumlah vendor telah mulai bersiap untuk meluncurkan jaringan seluler generasi ke-5 itu pada tahun 2020 di Indonesia.

“Standarisasi 5G akan keluar pada 2018 mendatang,” kata Aditya Wicaksana, Solutions Senior Manager ZTE di acara Selular Congress 2017 di Balai Kartini Jakarta, Senin (15/05/2017).

Menurutnya, hal itu dibuktikan dengan banyaknya uji coba teknologi 5G oleh beberapa operator dan penyedia infrastruktur, termasuk ZTE sendiri. Namun ia memberikan catatan bahwa uji coba itu hanya sebatas memberikan gambaran seperti apa teknologi 5G itu nantinya.

“Itu hanya sebatas demonstrasi 5G akan seperti apa. Pengembangan 5G akan hadir di 2019 dan benar-benar akan tersedia pada 2020 mendatang,” jelasnya.

Memang beberapa waktu lalu beberapa operator sebut saja seperti Telkomsel, Smartfren dan XL sudah mulai mengujicobakan teknologi 5G serta mencoba beberapa teknologi yang memanfaatkan 5G nantinya. Tak hanya itu saja, XL bahkan sudah mencoba kecepatan internet menggunakan 5G yang menembus angka 5,5Gbps.

Tak cuma operator, beberapa vendor termasuk ZTE pun bergerak cepat dengan memperkenalkan teknologi atau infrastuktur yang akan menyambut 5G seperti teknologi pre5G yang diklaim sudah digunakan oleh beberapa operator asal Indonesia. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here