Sukses Jualan Chipset, Samsung Bisa Gusur Intel

Telset.id, Jakarta – Selain menguasai pasar smartphone, Samsung ternyata sukses jualan chipset. Kesuksesan bisnis chipset Samsung ini bahkan mulai mengancam posisi Intel yang telah sejak tahun 1993 menjadi penguasa pasar. Hal itu mengaca dari laporan terbaru perusahaan riset IC Insight, yang menyebutkan penjualan chipset Samsung bisa melampaui Intel.

Menurut IC Insight, bisnis chipset DRAM dan memori flash NAND besutan Samsung mengalami kenaikan yang drastis. Masing-masing bisnis tersebut ditaksir akan mengalami kenaikan sekitar 39 persen dan 25 persen pada kuartal kedua 2017.

Jika dikonversikan menjadi uang, maka diperkirakan Samsung akan mendapatkan keuntungan hingga US$ 14,9 miliar atau setara dengan Rp 198,66 triliun dari penjualan chipset. Sedangkan Intel sendiri diprediksi hanya akan meraup sekitar US$ 14,7 miliar, atau setara dengan Rp 195,9 triliun saja.

Bukan tanpa alasan, prediksi analis ini didasarkan oleh tingginya minat produsen ponsel pintar yang memilih untuk memakai DRAM milik Samsung, Sementara itu, chip NAND mereka kini dipakai oleh sebagian besar produsen SSD ternama. Melihat hal itu, bukan tak mungkin sebentar lagi Samsung dapat “mendongkel” posisi Intel sebagai penguasa chipset. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here