Smartfren Aplikasikan Layanan M2M ‘Smartrek’ untuk Simasnet

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, Jakarta – Meski terbilang ‘pemain baru’, namun Smartfren semakin aktif mengembangkan layanan machine to machine (M2M). Yang terbaru, Smartfren mendukung pengembangan produk bisnis asuransi melalui layanan Smartrek UBI (Usage Based Insurance) secara end-to-end.

Smartrek UBI merupakan perangkat yang biasanya dipasang di kendaraan-kendaraan untuk mengetahui perilaku berkendara pengemudi. Dengan layanan ini perilaku mengemudi yang di luar batas kewajaran dapat diketahui.

Seperti misalnya kebiasaan berakselerasi yang tidak sesuai, melakukan pengereman mendadak, melebihi batas kecepatan yang wajar, atau waktu tempuh yang melebihi batas rata-rata. Dari alat inilah, perusahaan asuransi dapat mengumpulkan dan menganalisa perilaku berkendaraan setiap nasabah atau kliennya.

Revie Sylviana, Senior Vice President Digital Services Smartfren mengatakan sebagai pemain baru di area M2M dan IoT, Smartfren ingin hadir untuk menciptakan inovasi yang memberikan pengalaman baru bagi pelanggan.

“Layanan mobile apps Smartrek adalah solusi cerdas bagi pemilik kendaraan baik perusahaan maupun perseorangan yang membutuhkan solusi tracking dan fleet management,” jelas Revie.

Dengan hanya membeli Asuransi dari PT. Asuransi Simas Net, kendaraan pelanggan secara otomatis dilengkapi oleh perangkat On Board Diagnostic (OBD) GPS. Dan cukup menambah kurang lebih Rp. 600 ribu, pelanggan dapat menikmati seluruh fitur premium yang disediakan.

Cara kerja perangkat Smartrek yang dilengkapi dengan SIM Card Smartfren 4G LTE, setelah dipasang pada port OBD di mobil, maka perangkat akan merekam dan mengirimkan seluruh informasi berkenaan dengan kendaraan pelanggan seperti koordinat kendaraan, informasi kondisi mesin mobil dan kebiasaan mengemudi.

Seluruh informasi yang diterima akan disimpan di database Smartrek. Sistem Smartrek akan mengolah dan mengirimkan data sesuai dengan kebutuhan melalui data terenskripsi untuk menjamin keamanan dan API khusus bagi para pelanggan perusahaan.

“Klien atau nasabah dapat mengetahui informasi lokasi kendaraan secara realtime melalui mobile application, dengan memasukkan nomor Smartfren atau nomor polis asuransinya,” paparnya.

Sebagai tahap awal, Smartfren bekerjasama dengan Asuransi Simasnet yang akan diluncurkan pada 8 Agustus, sedangkan pre-order layanan sudah dibuka.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini


ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI