Setelah Belitung, XL Gelar Layanan 4G di Bangka

Telset.id, Jakarta – Setelah sejak awal 2016 masuk ke Belitung, kini masyarakat di Bangka yang mendapat giliran bisa menikmati layanan internet cepat 4G LTE XL Axiata. Masuknya layanan 4G di Bangka ini semakin memperluas jangkauan infrastruktur jaringan 4G XL di wilayah Sumatera dan kepulauan sekitarnya.

Saat meresmikan layanan 4G XL di Bangka, General Manager Sales Operation Southern West Region XL Axiata, Rudi Rahman Hidayat mengatakan, bahwa Bangka Belitung merupakan salah satu daerah di mana XL Axiata memiliki pelanggan paling banyak dibandingkan operator lain.

“Daerah ini sebagai salah satu prioritas untuk perluasan layanan 4G LTE sejak awal tahun 2016 dengan Belitung terlebih dulu. Syukur Alhamdulillah, kini kami telah menyelesaikan perluasan jaringan 4G ke Bangka, sehingga komplit sudah Bangka dan Belitung terlayani internet cepat ini,” ujar Rudi, dalam keterangan pers yang diterima Telset.id.

Vice Presiden West Region XL, Francky Rinaldo menambahkan, keberadaan layanan 4G di Bangka Belitung juga akan bisa mendukung program-program pengembangan potensi ekonomi lokal, yang beberapa di antaranya telah memiliki pamor hingga tingkat nasional dan internasional.

“Misalnya  industri pariwisata Bangka Belitung dengan pantai-pantainya yang indah sangat populer hingga mancanegara. Layanan 4G akan sangat membantu industri pariwisata di sana,” ujar Rinaldo.

Layanan 4G XL telah hadir di 5 kota/kabupaten atau semua kota/kabupaten yang ada di Bangka. Kota/kabupaten itu adalah Kota Pangkal Pinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, dan Kabupaten Bangka Selatan.

Total BTS 4G yang sudah beroperasi di seluruh Bangka sekitar lebih dari 80 unit dan masih akan terus ditambah. Sementara itu, di Belitung telah tersedia layanan 4G XL di dua kota/kabupaten, yaitu Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, yang dilayani total lebih dari 90 BTS 4G.

“Seluruh kota/kabupaten di Bangka Belitung sekarang sudah terjangkau layanan 4G LTE, dan di seluruh Bangka Belitung telah tersedia sekitar 600 BTS 3G,” jelasnya.

Diungkapkan, bahwa dalam setahun terakhir, trafik Data meningkat hingga 172% di seluruh provinsi Bangka Belitung. Khusus trafik 4G meningkat 347%. Tingkat penggunaan smartphone Data (3G dan 4G)  di seluruh wilayah Bangka Belitung juga terus meningkat mencapai 56%, dengan total pelanggan mencapai lebih dari 600 ribu.

Sementara itu, untuk pelanggan XL yang telah menggunakan smartphone 4G mencapai sekitar 250 ribu pelanggan. Jumlah ini diyakini akan terus tumbuh karena masyarakat setempat cukup adaptif dengan perkembangan teknologi digital. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI