Setelah Amerika, Inggris Ikut-ikutan Embargo ZTE

Telset.id, Jakarta – Beberapa hari lalu, ZTE tak lagi bisa membeli chipset Qualcomm. Hal itu terjadi setelah ada larangan resmi dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS). Kini, embargo meluas, ZTE resmi tak boleh membeli semua perangkat keras maupun perangkat lunak buatan AS.

Alasannya sama, yakni ZTE tak memenuhi janji usai terkena hukuman gara-gara mengirimkan perangkat dari AS ke Iran dan Korea Utara secara ilegal. ZTE tidak mendisiplinkan serta tidak mengurangi bonus untuk 35 pegawai yang bertanggung jawab meski empat karyawan senior telah dipecat.

Sama seperti larangan untuk pembelian chipset Qualcomm, ZTE tak boleh membeli semua perangkat keras maupun perangkat lunak buatan AS selama tujuh tahun. ZTE pun menyatakan, upaya untuk mematuhi peraturan AS telah dilakukan. Demikian pula dengan PHK bagi karyawan bandel.

“Larangan pembelian semua produk teknologi buatan AS tidak hanya akan memengaruhi keberlangsungan dan pengembangan ZTE, tapi juga mengganggu bisnis semua mitra. Perlu diketahui, tak sedikit mitra kami yang juga berasal dari AS,” kata ZTE seperti dilansir The Verge.

Pihak ZTE mengaku bisa saja membawa masalah tersebut ke pengadilan. Mereka menempuh jalur itu guna melindungi kepentingan perusahaan, karyawan, pemegang saham, pelanggan global, pengguna, rekan, dan suplayer. Kabarnya, ZTE telah membentuk tim untuk menindaklanjuti persoalan ini.

Berita Terkait: Langgar Kesepakatan, Amerika Serikat Embargo ZTE

Pusat Keamanan Siber Inggris ikut-ikutan mengembargo ZTE. Mereka mengeluarkan surat kepada semua operator telekomunikasi untuk memperingatkan agar tidak lagi menggunakan peralatan atau layanan ZTE. Pemerintah Inggris khawatir terhadap keamanan nasional dalam negeri.

Pusat Keamanan Siber Inggris melihat tanggapan ZTE terhadap sanksi AS. Mereka menganggap ZTE abai dengan komitmen. Alasan lain, Inggris khawatir sistem keamanan dalam negeri bakal bobol manakala menggunakan produk maupun layanan keluaran ZTE. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI