Setahun di Indonesia, Spotify Sudah “Putarkan” 3,9 Miliar Lagu

Telset.id, Jakarta – Sepertinya tidak berlebihan jika Spotify menyebut Indonesia sebagai pasar dengan pertumbuhan pengguna tercepat di Asia. Terbukti, hanya dalam jangka waktu satu tahun sejak kemunculannya, layanan streaming musik asal Swedia ini telah memainkan lebih dari 3,9 miliar lagu di Indonesia, dengan waktu pemutaran lebih dari 11 miliar menit.

Jumlah ini adalah sebuah peningkatan signifikan. Khususnya bila dibandingkan dengan awal-awal kemunculannya di tanah air, tepatnya tiga bulan pertama setelah diluncurkan, dimana saat itu baru sekitar 1.165 miliar menit saja waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia untuk menikmati Spotify.

“Kami sangat bersyukur atas animo positif para pengguna kami di Indonesia. Spotify menyajikan lagu dan musik Indonesia dari berbagai genre, daerah, dan generasi yang setara dengan lagu dan musik dari belantara dunia internasional lainnya; ini yang membuat kami menjadi favorit di sini,” kata Managing Director Spotify untuk Asia, Sunita Kaur.

Ia menambahkan, masyarakat Indonesia sangat menyukai lagu-lagunya, terutama jika tersedia di sebuah platform yang dapat mempertemukan masyarakat dan komunitas. Karenanya, Spotify ingin terus mengembangkann itu, dan memastikan bahwa setiap orang dapat menikmati lagu favoritnya, dan berkesempatan untuk mendapatkan lagu-lagu terbaru dari artis-artis lokal yang sedang naik daun.

“Salah satu strategi kami adalah dengan menghadirkan playlist-playlist yang sesuai dengan karakter orang Indonesia,” tambahnya.

Sejak Januari 2017, Shape of You milik Ed Sheeran tercatat sebagai lagu yang paling populer di Spotify Indonesia. Sementara untuk playlist sendiri ada Top Hits Indonesia, Hits Banget dan Kopikustik.

Indonesia merupakan satu dari 60 negara yang disambangi Spotify. Total pengguna aktif Spotify tercatat mencapai angka 100 juta. 50 juta di antaranya adalah pengguna berbayar. [IF/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here