Sektor Telekomunikasi Indonesia Masih Belum Adil, Apa Sebabnya?

Sektor telekomunikasi

Telset.id, Jakarta – Sektor telekomunikasi antara perkotaan dan daerah di Indonesia bisa dibilang masih terjadi ketimpangan. Sebagai contoh, masyarakat di daerah masih cukup sulit untuk mendapatkan akses internet karena masih buruknya kualitas sinyal seluler. Lantas apa sebabnya?

Menurut Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), Kristiono, semua itu terjadi karena ketersediaan infrastruktur yang kurang memadai. Padahal ini merupakan pondasi penting untuk menjalankan dan mengembangkan sektor komunikasi dan informatika di dalam negeri.

“Masalah infrastruktur ini harus diberesi. Semua warga Indonesia harus affordable dan mudah menjadi teknologi digital. Kalau tidak, aplikasinya tidak tumbuh dengan baik,” jelas Kristiono di Jakarta, Kamis (12/4/2018).

Baca Juga: XL Mulai Operasikan Jaringan Telekomunikasi USO di Kalsel

Dia mengungkapkan, hasil Musyawarah Nasional (Munas) Mastel sebelumnya juga memutuskan bahwa sektor teknologi dan informatika dapat berkembang, tergantung dengan infrastruktur yang ada. Sayangnya, pemerintah tak banyak berbuat banyak untuk mengembangkannya.

Permasalahan serupa rupanya terjadi di luar negeri. Bahkan, Mantan Dirut Telkom ini mengatakan bawah di luar negeri pembangunan infrastruktur tidak pernah selesai.

“Semua tergantung swasta. Infratruktur itu cerita yang tidak pernah selesai,” kata dia.

Baca Juga: Antisipasi Korporasi Global, Indonesia Canangkan Industri 4.0

Oleh karenanya, pemerintah diminta ikut berperan untuk mengembangkan infrastruktur telekomunikasi. Caranya bisa dengan membuat kebijakan yang dapatmeringankan beban korporasi.

“Beban operator juga harus dikurangi dari segi pajak, pemberian insentif dan lainnya. Jadi artinya persoalan infrastruktur masih sangat besar,” pungkas Kristiono. (WS/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here