Samsung Jadi Pesaing Serius TSMC di Segmen 7nm

Telset.id, Jakarta – Samsung Electronics akan menjadi pesaing serius bagi Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) di segmen proses 7nm, dimana persaingan ini “memperebutkan” daerah penting yang berbasis di Taiwan untuk menjadi yang pertama dalam hal teknologi.

Hal ini sebagaimana diungkapkan chairman TSMC, Morris Chang. Menurutnya, TSMC harus bisa menang atas Samsung dalam persaingan di segmen 7nm ini.

Selain Samsung, Intel juga bisa menjadi pesaing lain dari TSMC di segmen 7nm, namun hubungan antara TSMC dan Intel lebih ke saling melengkapi, ketimbang bersaing. Menurutnya, TSMC telah membuat hubungan yang sangat erat dengan Intel.

Pada forum teknologi tahunan TSMC Mei lalu, co-CEO perusahaan, Mark Liu mengungkapkan bahwa pembuatan proses 7nm ini sudah mencapai 30% – 40% untuk menghasilkan SRAM 128MB. Menurutnya, TSMC akan menjadi pembuat chip pertama pada industri ini yang memiliki sertifikat teknologi 7nm.

Lanjut menurut Liu, TSMC telah menjadwalkan akan memindahkan teknologi proses 7nm ini demi mengambil risiko produksi pada tahun 2017 yang akan dilanjutkan dengan produksi pada 2018. Adapun proses 10nm dari TSMC, akan dimulai pada tahun 2017. TSMC akan membuat chip 10nm pada Phase-5 dan 6 fasilitas pada Fab 15, dengan pembuatan 12inch wafer fab di Taiwan Tengah. [IF]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -