Samsung Kembali Duduki Kandang Apple

Telset.id, Jakarta – Samsung akhirnya berhasil menaklukkan Apple di kandangnya sendiri Amerika Serikat. Menurut perusahaan riset Counterpoint Research, Samsung dapat memanfaatkan momentum lesunya pasar smartphone untuk menguasai pasar Negeri Paman Sam itu.

Seperti dilaporkan Counterpoint Research. setelah sempat 11 bulan diungguli Apple, Samsung akhirnya berhasil kembali ke posisi puncak sebagai vendor smartphone teratas di AS.

Menurut perusahaan riset yang berbasis di Hong Kong ini, bahwa pada bulan Maret lalu Samsung tercatat menguasai 28,8% pangsa pasar AS. Sementara Apple tergelincir ke peringkat kedua dengan pangsa pasar sekitar 23%.

Peluncuran Galaxy S7 dan S7 edge diperkirakan memainkan peran besar atas keberhasilan Samsung ini. Raksasa elektronik Korea Selatan menunjukkan peningkatan laba sebesar 12% pada pekan lalu, dan diperkirakan masih akan terus meningkat untuk bulan-bulan mendatang.

Sementara itu, meski penjualan iPhone SE tampaknya telah melebihi ekspektasi Apple, namun tetap saja masih belum cukup untuk  membantu Apple dalam membendung laju Samsung.

Meski begitu, persaingan diantara kedua raksasa ini akan semakin menarik pada beberapa bulan ke depan, karena Apple akan merilis iPhone 7 dan Samsung juga meluncurkan Galaxy Note 6. Kemungkinan peta kekuatan akan kembali berubah di akhir tahun, dimana Apple bisa saja kembali menjadi penguasa di AS.

Setelah Samsung dan Apple, pada posisi ketiga berhasil ditempati LG yang menguasai 17,1% pangsa pasar. Jumlah tersebut kemungkinan akan merangkak naik dalam beberapa bulan ke depan, saat LG memasukkan hasil penjualan LG G5.

Berbeda dengan vendor asal Korea Selatan yang mencatat hasil gemilang, para produsen smartphone asal Tiongkok justru melempem. Huawei yang boleh bangga menjadi raja di Tiongkok, justru terlempar dari posisi lima besar setelah hanya kebagian kue 1%.

Huawei harus menerima kenyataan pahit melihat kompatriotnya ZTE dan Alcatel yang berhasil menempati posisi keempat dan kelima di belakang LG, dengan 6,6% dan 4,5% pangsa pasar.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0