Ribuan Triliun Rupiah Dicetak App Store Sejak 2008

Telset.id, Jakarta – Sama seperti pengguna Android yang tak bisa lepas dari Google Play Store, pengguna platform iOS pun tidak bisa lepas dari toko online buatan Apple yakni App Store. Pertama kali diluncurkan pada 2008 silam, tentu ekosistem aplikasi di dalamnya sudah sangat besar yang mencakup berbagai aplikasi untuk berbagai usia dan kebutuhan dari mulai yang gratis hingga berbayar.

Nah baru-baru ini, Apple mengumumkan pundi-pundi uang yang didapat dari App Store semenjak pertama kali layanan tersebut diluncurkan. Jangan kaget, sejak 2008 App Store telah mencetak $100 miliar atau sekitar Rp 1330,5 triliun!

[Baca Juga: Apple Tarik 256 Aplikasi dari App Store, Kenapa?]

Tentu penghasilan yang besar tersebut selain karena ekosistem aplikasinya yang sudah besar, juga karena para developer yang menaruh berbagai aplikasinya pada toko aplikasi online milik Apple tersebut.

Karenanya, Apple pun membagi hasil pendapatan tersebut dengan persentase 70/30, sama seperti pembagian penghasilan pada Google Play Store sehingga semenjak tahun 2008, para developer di App Store secara total sudah meraup penghasilan $70 miliar atau sekitar Rp 931,4 triliun.

[Baca Juga: Apple Digugat Lantaran Praktik Monopoli di App Store]

Dilansir Tim Telset.id dari Techradar, pendapatan tersebut diperkirakan berhasil dicapai berkat kontribusi berbagai aplikasi yang viral seperti Super Mario Run atau Pokemon GO yang menurut Senior VP of Worldwide Marketing Apple, Philip Schiller berhasil mencetak rekor download.

Selain aplikasi yang viral, dua genre aplikasi yakni Gaming dan Entertainment pun memberikan kontribusi besar dari pendapatan ribuan triliun rupiah tersebut. (FHP/MS)

SourceTechradar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI