Perusahaan Indonesia yang “Go to Digital” Baru 20 Persen

Telset.id, Jakarta – Meski sudah semakin mengalami kemajuan pesat, namun perkembangan transformasi digital di Indonesia ternyata dinilai masih belum memuaskan. Hal ini dikatakan oleh Alex Budiyanto selaku Ketua Umum Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI).

Menurut Alex, pada tahun ini baru 20 persen perusahaan di Indonesia yang menjalankan transformasi digital atau Go to Digital. Menurutnya masih banyak perusahaan yang belum mencoba inovasi digital.

“Asumsi kami baru sekitar 20 persen sampai 30 persen perusahaan sudah go to digital. Tapi masih ada 80 persen yang belum dan ini jumlahnya sangat banyak sekali,” ucap Alex di Kantor Kominfo, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Baca juga:  Jokowi: Revolusi Industri 4.0 Harus Diantisipasi Perguruan Tinggi

Angka 20 persen masih bisa berdampak pada target Presiden Jokowi yang ingin agar era Industri 4.0 bisa terjadi di Indonesia pada tahun 2020. Tetapi Alex menilai, untuk melakukan transformasi teknologi membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selain itu, Alex juga yakin jika presiden Jokowi sedang mempersiapkan aspek infrastuktur dan sumber daya manusia untuk mewujudkan era Industri 4.0 di Tanah Air.

“Saya rasa pergeseran akan butuh waktu dan butuh proses. Saat ini Pak Jokowi sedang membutuhkan infrastrukturnya termasuk juga SDM-nya, karena seperti kita tahu, go to digital hambatannya di Indonesia adalah talent atau sumber daya manusia,” ucapnya.

Baca juga:  Hadapi Revolusi Industri 4.0 di Era Digital, Apakah Indonesia Siap ?

“Banyak sekali sumber daya manusia yang perlu diupgrade dan diperbaiki, sehingga mereka siap mengimplementasikan Industri 4.0,” lanjut Alex.

“Asumsi dengan era perkembangan informasi sekarang, saya rasa akan lebih cepat. Maka asumsi saya sekitar 5 sampai 10 tahun lagi (banyak perusahaan go to digital),” ucap Alex.

ACCI dan Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) akan menggelar diskusi trasnformasi digital dengan UMKM pada November 2018 mendatang.

Baca juga:  APTIKNAS akan Bahas Transformasi Digital di DIGITECH Indonesia

Acara bertajuk Digital Technology Indonesia (DIGITECH Indonesia) ini rencananya akan dilaksanakan pada 28 November 2018 mendatang di Jakarta Convention Centre (JCC) Jakarta. Tema yang dipilih dalam acara tersebut adalah “Digital Transformation & Industri 4.0”. [NM/HBS]

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI