Perangi Berita Hoax, Wikipedia Luncurkan Situs Anti Hoax

Telset.id, Jakarta – Perkembangan berita hoax di Internet semakin mengkhawatirkan dan sulit terbendung. Melihat hal tersebut, Wikipedia sebagai salah satu ensiklopedi online terbesar ikut dalam menyaring berita-berita bohong tersebut.

Dikutip dari laman Ubergizmo, tim anti hoax Wikipedia ini akan diketuai oleh co-founder Wikipedia Jimmy Wales. Dia menamakan situs ini sebagai Wikitribune. Situs ini nantinya akan menyaring berita hoax di Internet.

“Saya pikir kita sekarang tinggal di dunia dimana orang-orang sangat peduli akan mencari berita yang benar-benar merupakan fakta. Jadi saya pikir orang akan mengapresiasi usaha kami,” ujar Wales.

Dia menambahkan bahwa Wikitribune ini dapat diakses oleh siapapun secara gratis dan dipastikan akan bebas dari iklan. Namun tentunya untuk menjaga jalannya situs ini, mereka tetap memerlukan bantuan dari para penggunanya.

“Kami hanya membutuhkan dukungan pembaca untuk menjadi pendukung bulanan kami, sehingga kami bisa memiliki lebih banyak jurnalis untuk menulis data berdasarkan fakta,” lanjutnya.

Sebelumnya, beberapa sosial media seperti Facebook dan mesin pencari raksasa Google sudah mulai menyaring berita hoax. Tentunya hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keaslian dari sebuah berita. [NC/HBS]

SourceUbergizmo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI