Pentingnya Model Bisnis Digital Sebagai Solusi Penguatan Ekonomi

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, Jakarta – Menteri Kominfo, Rudiantara menyampaikan pidato key-note pada opening ceremony di ajang ITU Telecom World 2017 di Busan, Korea Selatan. Sebelumnya Sekjen ITU, Mr. Houlin Zhou meminta kepada Menteri Rudiantara secara khusus untuk menyampaikan Keynote pada acara pembukaan ITU Telecom tersebut.

Pada kesempatan ini, Menteri Rudiantara menyampaikan pentingnya digitalisasi dan model bisnis digital untuk menjadi solusi bagi perbaikan perekonomian dunia, di depan 8.000 tamu undangan, yang terdiri dari para pemimpin dunia, pemangku kepentingan, petinggi perusahaan, pelaku startup, hingga perwakilan negara ITU.

Berdasarkan data dari World Economic Forum 2015, kesenjangan ekonomi di seluruh dunia semakin meluas. Hal ini disebabkan oleh kapitalisasi model bisnis tertentu yang menyebabkan distribusi ekonomi tidak merata.

Perluasan kesenjangan ekonomi ini dapat menyebabkan permasalahan sosial-ekonomi di tengah masyarakat hingga menjadi ancaman dalam kestabilan politik dan beban terhadap pelayanan sosial, demonstrasi, radikalisme, hingga terorisme.

Bukti menunjukkan bahwa dampak positif digitalisasi mampu menggerakkan output ekonomi dunia bertambah USD 193 billion melalui job creation sehingga digitalization menjadi penggerak (driver) pertumbuhan ekonomi.

Menteri Rudiantara kemudian menjelaskan bagaimana melakukan utilisasi digitalisasi agar benar-benar memberikan pengaruh dampak positif yang signifikan, yaitu Mengarahkan digitalisasi untuk penguatan dan pemberdayaan UMKM termasuk dengan skema bisnis shared economy. Lalu Mengangkat UMKM di wilayah under-served juga dengan model bisnis yang disruptif, namun tentu dengan penyediaan konektifitas yang mumpuni.

Di samping Menteri Rudiantara, pidato keynote juga disampaikan oleh Menteri Hubungan & Perdagangan Internasional Hungaria, Dr. Istvan Mikola dan Menteri Telekomunikasi dan Postal Service Afrika Selatan, Dr. Siyabonga Cyprian Cwele. Menteri Rudiantara membawa studi kasus keberhasilan model bisnis digital Indonesia untuk menjadi bukti nyata dan best practice dalam meningkatkan perekonomian bangsa melalui kisah sukses Tokopedia dan Go-Jek.

Kedua startup dinilai telah berhasil mengimplementasikan model bisnis disruptif yang mampu memberikan peluang bisnis dan lapangan pekerjaan. Tokopedia mampu menampung lebih dari dua juta merchant yang tersebar di lebih dari 5.600 kecamatan di seluruh Indonesia yang 80% diantaranya merupakan UMKM baru, sedangkan Go-Jek telah mampu menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan seagai driver Go-Jek & pendapatan bagi UMKM kebanyakan. Go-Jek juga telah mengubah gaya hidup masyarakat dengan sistem ridehailing, lebih jauh memungkinkan pemerataan pendapatan bagi masyarakat.

Menkominfo kemudian sampaikan himbauan, “Kami mengajak agar negara anggota ITU memulai gerakan global guna menangani kesenjangan kesejahteraan masyarakat termasuk kesenjangan pendapatan masyarakat di negara manapun ekonomi di seluruh dunia”. (MS)

Sourcekominfo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini


ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI