telset

Pengguna Snapchat Turun Tiga Juta Orang, Kenapa?

Telset.id, Jakarta – CEO Snap, Evan Spiegel, berharap perombakan desain Snapchat bisa menampilkan iklan secara lebih baik ke hadapan para pengguna dan menarik lebih banyak pengiklan. Namun nyatanya sejak punya tampilan baru, Snapchat banyak ditinggalkan penggunanya. Kenapa?

Sejak desain Snapchat dirombak, 1,2 juta pengguna di seluruh dunia justru menandatangani petisi, meminta kepada Snap untuk kembali menggunakan desain lama.

Snap tidak mendengarkan masukan mereka. Akibatnya, Snapchat kehilangan dua persen pengguna aktif harian hanya dalam waktu tiga bulan.

Snap mengonfirmasi bahwa pengguna aktif harian turun tiga jura orang, dari 191 juta orang ke 188 juta orang.

Baca juga: Duh! Snapchat Paksa Pengguna Tonton Iklan

Dalam laporan keuangannya, menurut The Verge, Spiegel berkata bahwa Snap mendengarkan pendapat pengguna.

Baca juga: Snapchat Siapkan Dua Penerus Kacamata Pintar Spectacles

“Kami merasa telah mengatasi sumber frustasi terbesar dan tidak sabar mengambil kesempatan. Kami kini menunjukkan konten sesuai harapan pengguna,” kata Spiegel.

Sepanjang sejarah, baru kali ini Snapchat kehilangan jumlah pengguna. Memenangkan kembali hati mereka pun tidaklah akan mudah. Untungnya, laporan keuangan Snap lebih baik dari dugaan investor.

Pendapatan Snap naik 44 persen ketimbang tahun lalu, naik dari USD182 juta atau Rp 2,6 triliun pada kuartal dua tahun lalu menjadi USD 262 atau Rp 3,8 triliun juta pada tahun ini.

Baca juga: Pengguna Protes, Snapchat Kembali ke Desain Lama

Nilai saham Snap juga naik setelah Pangeran Arab Saudi Alwaleed Bin Talal membeli 2,3 persen saham Snap. Snap juga meluncurkan kacamata Spectacles baru.

“Kami belajar banyak dari masukan pelanggan. Spectacles akan memiliki peran penting dalam masa depan Snapchat terkait Augmented Reality,” kata Spiegel.

Seperti diketahui, Snapchat meluncurkan lensa augmented reality (AR) khusus perangkat iPhone X. Lensa itu sempat didemonstrasikan oleh Apple ketika mengumumkan kehadiran iPhone X pada September tahun lalu.

Snapchat menghadirkan total tiga lensa AR khusus iPhone X. Lensa tersebut memanfaatkan kamera TrueDepth. Itulah kenapa lensa AR Snapchat hanya tersedia di iPhone X.

Baca juga: Snapchat Luncurkan Lensa AR Khusus iPhone X

Dibanding lensa standar di Snapchat, kamera depan iPhone X menggunakan teknologi jauh lebih canggih. Kamera depan iPhone X memakai titik data untuk memetakan filter wajah yang bergerak.

Selain itu, Snapchat juga dikabarkan akan segera menghadirkan lensa baru. Hebatnya, lensa baru Snapchat didukung oleh fitur Speech Recognition. Lensa tersebut mengadopsi teknologi pengenalan suara.

Baca juga: Lensa Baru Snapchat Pintar Berbahasa Inggris

Dengan teknologi itu, lensa baru Snapchat diklaim mampu memahami beberapa kata sederhana dalam bahasa Inggris. Sebagai misal kata “Hi”, “Love”, “Yes”, “No”, dan “Wow”. [BA/HBS]

Sumber: The Verge.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0