Pemerintah Siapkan Infrastruktur 5G di Kawasan Industri

Telset.id, Jakarta – Pemerintah bersiap menyambut era revolusi industri 4.0 dengan merilis Peta Jalan Making Indonesia 4.0, yang berisi langkah atau terobosan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi terkini.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan salah satu langkah menghadapi revolusi industri generasi keempat tersebut adalah mendorong pembangunan infrastruktur digital seperti peningkatan jaringan internet menjadi 5G untuk kawasan industri.

“Upaya ini diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem inovasi yang dilakukan oleh manufaktur-manufaktur yang berada di dalam kawasan tersebut terutama dalam menghadapi era revolusi industri 4.0,” kata Menperin dalam keterangan resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rabu (25/7/2018)

Menurut Menperin untuk mewujudkan peningkatan jaringan itu, Kementerian yang dipimpinnya telah berkoordinasi dengan Kominfo. Pasalnya saat ini Kominfo sedang menggenjot pembangunan infrastruktur internet di berbagai daerah, khususnya proyek Palapa Ring di Kawasan Timur Indonesia dan sedang menyiapkan satelit khusus internet kecepatan tinggi.

“Kerja sama ini untuk menyediakan konektivitas di kawasan industri. Kami bisa manfaatkan infrastruktur Palapa Ring yang merupakan jaringan berbasis fiber optik untuk jaringan 5G,” jelas Menperin.

Menperin menjelaskan, pengelola kawasan industri yang ingin lokasinya dijadikan proyek percontohan dalam penerapan jaringan internet 5G dapat mengajukan permohonan ke Kemenperin. Namun implementasinya tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat karena teknologi ini sedang disiapkan dan prototipenya akan diluncurkan pada pelaksanaan Asian Games 2018.

Dia mengaku optimistis, implementasi industri 4.0 juga mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif atau menyeluruh. Ini karena aplikasi teknologi tersebut menyentuh ke industri kecil dan menengah (IKM), sebagai sektor mayoritas dari populasi industri di Indonesia.

“Kami memformulasikan digital environment untuk meningkatkan pertumbuhan IKM di dalam negeri. Kami juga mengidentifikasi beberapa IKM yang sudah memanfaatkan marketplace, seperti sektor makanan dan minuman, perhiasan, kosmetik, fesyen serta kerajinan,” kata dia. [WS/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI