Pemerintah Probolinggo Siap Wujudkan Smart City

Telset.id, Jakarta –  Indosat Ooredoo dan Pemerintah Kota Probolinggo telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk mewujudkan smart city dengan menggunakan solusi dari Indosat Ooredoo yang bernama Kota Digital Indonesia.

Smart city adalah pengembangan dan pengelolaan kota dengan pemanfaatan ICT (Information, Communication and Technology) untuk  menghubungkan, memonitor, dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien.

Dengan Solusi Kota Digital Indonesia dari Indosat Ooredoo, Kota Probolinggo diharapkan dapat berkembang menjadi kota digital sesuai dengan kebutuhannya, keunikan dan keunggulan (branding) yang ingin ditonjolkan untuk membawa manfaat ekonomi, pembangunan dan layanan publik yang lebih unggul.

Penandatangan kerjasama ini diwakili oleh Herfini Haryono, Director and Chief Wholesale & Enterprise Officer Indosat Ooredoo, dan Hj. Rukmini, S.H, M.Si, Walikota Probolinggo dimana Indosat Ooredoo akan menyediakan Solusi Kota Digital Indonesia yang terdiri dari platform dashboard yang terintegrasi, perpustakaan i-Library, IDIA (Indosat Dedicated Internet Access) melalui Fiber Optic dan jaringan wireless sebesar 100 Mbps, serta bundling gawai untuk karyawan di lingkungan Kominfo Pemkot Probolinggo.

Komitmen kerjasama ini langsung diwujudkan dengan solusi Smart City dari Indosat Ooredoo, sehingga Pemkot Probolinggo dapat segera mendapatkan pengalaman dalam mengelola kota dan mendapatkan manfaatnya.

Command Center yang diimplementasikan oleh Pemkot Probolinggo merupakan langkah awal yang nyata untuk penerapan solusi Kota Digital Indonesia dalam menyajikan informasi kota, lengkap dengan kemampuan analytic-nya, sehingga pemerintah kota dapat mengelola kota secara efektif.  Ke depannya, platform ini juga akan mendorong integrasi aplikasi yang telah ada, sekaligus menjadi pusat data, analisa, serta pengambilan keputusan untuk  Pemerintah Kota Probolinggo.

Di saat yang sama, Indosat Ooredoo juga ikut berpartisipasi untuk mewujudkan salah satu pilar smart city yaitu membangun masyarakat cerdas atau smart society atau smart people di Probolinggo dengan menghadirkan perpustakaan digital i-Library dan menyumbangkan koleksi buku digital yang dapat diakses masyarakat Probolinggo secara gratis.

Dengan Solusi Kota Digital Indonesia, Indosat Ooredoo mendukung sepenuhnya pembangunan nasional melalui penerapan smart city di Indonesia dengan menyediakan berbagai solusi sehingga pemerintah kota dan juga masyarakatnya dapat dengan segera mendapatkan manfaat smart city secara nyata berupa tata laksana pemerintahan yang baik, pelayanan yang tepat dan cepat, menghemat biaya, dan meningkatkan pendapatan asli daerah.

“Penandatanganan MoU smart city ini adalah bukti bahwa Pemerintah Kota Probolinggo sangat peduli untuk memenuhi kebutuhan kota dengan dukungan ICT. Kedepannya dengan penerapan konsep smart city di Probolinggo ini, Pemerintah Kota dapat memaksimalkan pelayanan menjadi lebih baik untuk seluruh masyarakat Probolinggo serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan,” ungkap Hj. Rukmini, S.H, M.Si, Walikota Probolinggo

“Sebagai penyedia solusi ICT, Indosat Ooredoo berkomitmen untuk menjadi yang terdepan dalam melayani kebutuhan bangsa, negara dan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan kualitas kehidupan yang lebih baik. Solusi Kota Digital Indonesia merupakan jawaban Indosat Ooredoo dalam mengimplementasikan solusi smart city yang merupakan gebrakan menuju masyarakat pintar yang lebih baik, lebih aman, lebih nyaman, dan lebih transparan. Dengan penandatanganan MoU ini, Indosat Ooredoo dan Pemerintah Kota Probolinggo akan bersama-sama memulai transformasi Kota Probolinggo menuju kota digital, kota cerdas. ” tutup Herfini Haryono, Director & Chief Wholesale & Enterprise Officer. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI